Begal Berkedok Polisi Antinarkoba Dicokok

Antonio    •    Senin, 17 Dec 2018 17:51 WIB
kekerasanaksi begal
Begal Berkedok Polisi Antinarkoba Dicokok
Ilustrasi. Medcom.id/M Rizal

Bekasi: MM, 30 dan E, 24 ditangkap petugas Polsek Cikarang, Jawa Barat. Kedua begal itu berpura–pura menjadi anggota Satuan Reskrim Narkoba yang tengah bertugas.

Kanit Reskrim Polsek Cikarang Selatan Iptu Jefri mengatakan, kedua pelaku itu terakhir kali beraksi di Kawasan Industri Delta Silicon, Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, pada Jumat, 14 Desember 2019. Mereka membegal A, warga yang tengah melintas di lokasi tersebut.

"Modusnya tersangka berpura-pura menjadi anggota polisi narkoba. Lalu menuduh korban memiliki narkoba," kata Jefri di Cikarang, Senin, 17 Desember 2018.

Keduanya kemudian memeriksa dan memaksa korban mengaku memiliki atau menggunakan narkoba. Korban yang tidak merasa memakai atau membawa narkoba enggan mengakuinya.

"Tersangka lalu menendang, kemudian merampas sepeda motor dan telepon selular," katanya.

Usai beraksi, kedua tersangka melarikan diri. Korban langsung berupaya mencari pertolongan di sekitar lokasi. Ia mendatangi petugas keamanan di kawasan tersebut.

Pada saat yang sama, petugas kepolisian dari Polsek Cikarang melintas di lokasi. Polisi langsung mencari kedua tersangka.

Kepolisian berhasil menangkap MM tidak jauh dari lokasi. Sementara, tersangka E melarikan diri dan akhirnya tertangkap di wilayah Jakarta.

Kedua tersangka mengaku sudah beberapa kali beraksi dengan modus sama di tempat lain. Di antaranya, di Jakarta Pusat dan Jakarta Utara.

"Modus yang digunakan sama. Berpura-pura menjadi polisi dan menuduh korban tersangka narkoba,” ujarnya.

Kedua tersangka dijerat Pasal 365 KUHP tentang Pencurian dan Kekerasan. Mereka terancam dihukum 12 tahun penjara.


(SUR)