BIJB Layani Rute Semarang dan Bandar Lampung per November

Ahmad Rofahan    •    Jumat, 19 Oct 2018 23:03 WIB
penerbanganBandara Internasional Jawa Barat
BIJB Layani Rute Semarang dan Bandar Lampung per November
Ilustrasi. Medcom.id/M Rizal

Majalengka: Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, membuka dua rute baru penerbangan. Maskapai Transnusa membuka rute BIJB-Semarang dan BIJB-Bandar Lampung mulai awal November 2018.

Direktur Utama PT BIJB Virda Dimas Ekaputra mengatakan, penambahan rute menuju dua daerah tujuan ini dilakukan karena permintaan dan potensi pasar yang ada. Mobilisasi warga ke wilayah tengah dan barat Indonesia cukup besar.

Semarang sementara ini akan terwakilkann maskapai Transnusa setelah Yogyakarta. Dua rute ini jadi bidikan selanjutnya untuk dilayani dari Bandara Kertajati.

"Karena potensi pasar didua wilayah ini cukup besar," ujar Virda, Jumat, 19 Oktober 2018.

Bandar Lampung yang berada di bagian barat diharapkan bisa menjadi perintis penerbangan lain menuju pulau Sumatera, seperti Medan, Palembang, Jambi, Riau, Aceh dan Batam. Rute-rute tersebut cukup dinanti-nanti warga Jawa Barat.

"Sebelumnya layanan menuju Surabaya sudah dibuka Citilink yang kini beroperasi setiap hari dari Kertajati," kata Virda.

Transnusa perdana mengisi slot penerbangan ke dua rute baru pada Minggu, 4 November 2018. Layanan penerbangan domestik ini akan dibuka satu pekan dua kali pulang, yakni Minggu dan Senin.

Penerbangan dari KJT (Kertajati) menuju TKG (Bandar Lampung) pada pukul 06.30 WIB dengan jarak tempuh satu jam. Sebaliknya, TKG-KJT pesawat akan terbang pukul 07.50 WIB dan tiba di tujuan pukul 08.50 WIB.

Pesawat menuju Semarang lepas landas pukul 09.10 WIB dan akan tiba di bandara tujuan pukul 09.55 WIB. Pesawat Transnusa rute Semarang menuju Kertajati lepas landas pukul 17.25 dan tiba pukul 18.10 WIB.


(SUR)