Skywalk untuk PKL Cicadas Dinilai Terlalu Mahal

Roni Kurniawan    •    Kamis, 25 Oct 2018 18:40 WIB
pedagang kaki lima
<i>Skywalk</i> untuk PKL Cicadas Dinilai Terlalu Mahal
Skywalk (Teras) Cihampelas. Medcom.id/Roni Kurniawan

Bandung: Pemerintah Kota Bandung memutuskan tidak melanjutkan program pembangunan jalan melayang atau skywalk untuk relokasi pedagang kaki lima (PKL). Rencana Pemkot Bandung untuk relokasi 192 PKL ke Skywalk (Teras) Cihampelas juga dievaluasi.

Pemkot Bandung tengah membangun Skywalk Cihampelas jilid dua yang membentang di Jalan Cihampelas menyambung dari skywalk yang telah dibangun pada 2016. Wali Kota Bandung Oded M. Danial memastikan konsep skywalk tidak akan digunakan untuk merelokasi PKL karena alasan anggaran terlalu mahal.

"Teras (skywalk) Cicadas itu sudah dilibatkan dari segi anggaran sudah tidak masuk waktu di APBD 2018 murni itu sudah tidak ada. Kayaknya enggak jadi," ujar Oded saat ditemui di kantor PDAM Kota Bandung, Jalan Badak Singa, Kamis, 25 Oktober 2018.

Pembangunan skywalk seperti di Cihampelas memakan dana sebesar Rp48,5 miliar dengan panjang 450 meter. Sedangkan Skywalk Cihampelas jilid kedua menelan anggaran Rp23 miliar untuk panjang 250 meter.

Baca: Emil Tantang Wawalkot Bandung Debat Skywalk

Sementara itu, dana untuk membangun skywalk sebagai reloasi PKL Cicadas setidaknya membutuhkan anggaran Rp60 miliar hingga Rp70 miliar.

Awalnya ada dua opsi pembangunan skywalk untuk relokasi PKL Cicadas. Salah satunya merelokasi ke Jalan Cikutra, mulai dari persimpangan Jalan Ahmad Yani (Cicadas) hingga persimpangan Jalan PHH Mustopa (Jalan Suci).

Opsi yang kedua titik pembangunan Skywalk Cicadas yakni mulai dari pos polisi Cicadas membentang sepanjang Jalan Ibrahimadjie (Jalan Kiaracondong) hingga jalan layang Pelangi.

Namun, Oded memastikan tidak akan menggunakan konsep tersebut dan memilih untuk menata para PKL Cicadas saat ini agar lebih rapi dan tertib. Tapi, Oded mengakui belum menemukan tempat untuk yang cocok untuk program jangka panjang Pemkot Bandung.

"Karena Kang Yana (Wakil Wali Kota Bandung) sudah melakukan pendekatan lagi dengan PKL untuk penataan. Kalau jangka panjangnya relokasi," pungkas Oded.


(SUR)