Polsek Limo Tangkap Residivis Pencuri Rumah Kosong

Octavianus Dwi Sutrisno    •    Senin, 21 Jan 2019 16:00 WIB
pencurian
Polsek Limo Tangkap Residivis Pencuri Rumah Kosong
ilustrasi Medcom.id/ Rakhmat Riyandi.

Depok: Charles alias Boy hanya bisa tertunduk lesu dan berurai air mata setelah diringkus oleh Tim Satuan Reserse Kriminal Polsek Limo atas kasus pencurian rumah kosong. Pria berusia 37 tahun itu baru saja menghirup udara bebas setelah satu tahun menghuni Rutan Kelas II B Cilodong Depok.

Tekanan ekonomi dan kewajiban untuk menghidupi lima orang anak memaksanya untuk kembali terjun ke dunia kejahatan.

"Saya terpaksa, harus menghidupi anak-anak saya. Sekarang mereka diurus neneknya, istri juga sampai sekarang masih dipenjara karena kasus yang sama," kata Boy saat di Mapolresta Depok, Jalan Raya Margonda, Depok, Jawa Barat, Senin, 21 Januari 2018.

Boy menjelaskan, dirinya telah beraksi dua kali bersama satu orang temannya yang juga alumni hotel prodeo. Dirinya berhasil, membawa lari barang-barang berharga dari sebuah rumah di Jalan H. Dulhania Kelurahan Krukut, Kecamatan Limo, Kota Depok.

"Saya masuk ke rumah itu dengan cara mencongkel jendela rumah, lalu saya ambil barang-barangnya, salah satunya perhiasan. Ini sudah kali kedua saya beraksi dan akhirnya ketangkap, kalau yang pertama uangnya sudah saya bagi dua sama teman," ungkap Boy.

Sambil menangis, Boy menyesali perbuatannya dan tak mampu membayangkan untuk kedua kalinya harus kembali menghuni jeruji besi. "Saya teringat anak-anak saya, kasian mereka saya janji tidak akan melakukan perbuatan seperti ini lagi," sesal Boy. 

Sementara itu, Kasatreskrim Mapolresta Depok Kompol Deddy Kurniawan menjelaskan, kedua pelaku sudah menjadi target incaran petugas atas kasus pembobolan rumah. 

"Beberapa barang bukti berhasil kita amankan yaitu satu laptop, berbagai macam handphone hasil kejahatan, gitar dan alat bukti kejahatan yaitu linggis dan obeng. Total kerugian 100 juta," kata Deddy.

Deddy menerangkan, dalam sepak terjangnya mereka dinilai cukup lihai. Menurut pengakuan kedua pelaku ada beberapa cara yang dilakukan, untuk memastikan bahwa target rumah yang akan dibobol memang dalam kondisi kosong.

"Modusnya mereka mengintai rumah dengan mengitarinya menggunakan motor, intinya menurut mereka kalau lampu rumah nyala dipastikan rumah itu kosong," tandas Deddy.


(DEN)