Longsor di Purwakarta, Empat Orang Tewas

Roni Kurniawan    •    Rabu, 28 Nov 2018 10:40 WIB
bencana longsorbencana banjir
Longsor di Purwakarta, Empat Orang Tewas
Petugas gabungan mengevakuasi korban longsor di Purwakarta. Dok. Basarnas Jawa Barat

Purwakarta: Bencana longsor terjadi di Desa Salam Jaya, Kecamatan Pondok Salam, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat pada Selasa, 27 November 2018 malam yang mengakibatkan empat orang meninggal. Petugas telah mengevakuasi korban serta membersihkan material longsor di kawasan tersebut.

"Jumlah korban meninggal dunia empat orang, luka berat lima orang," kata Koordinator Humas Kantor Pencarian dan Pertolongan Bandung, Joshua Banjarnahor, melalui pesan singkat, Rabu 28 November 2018.

Menurut Joshua longsor terjadi akibat tingginya curah hujan pada Selasa kemarin, sehingga menyebabkan pergeseran tanah hingga terjadi longsor. Empat warga pun tertimbun longsor dan meninggal dunia saat ini seluruh korban telah dibawa ke RSUD Bayu Asih Purwakarta dan akan diserahkan langsung kepada pihak keluarga.

"Dengan telah dievakuasi seluruh korban maka diusulkan penutupan OPS SAR," tegasnya.

Sementara itu Kepala Basarnas Jawa Barat Deden Ridwansyah mengimbau kepada masyarakata yang tinggal di area perbukitan untuk lebih waspada akan terjadinya bencana longsor. Terlebih saat ini intensitas hujan di Jabar sangat tinggi sejak awal November 2018 lalu.

"Bagi warga masyarakat yang tinggal di bawah bukit atau di daerah perbukitan harus lebih ekstra hati hati, waspada di saat musim penghujan ini. Bila terlihat patahan atau retakan tanah hubungi aparat setempat, laporkan dan cari tempat yang lebih aman kembali," kata Deden melalui keterangan tertulis.

Berikut data korban bencana longsor di Kabupaten Purwakarta:

1. Yanti (luka berat)
2. Yeyet (luka berat)
3. Ima (luka berat)
4. Dede (luka berat)
5. Ridwan (luka berat)
6. Ki Bakri (meninggal dunia)
7. Ma Acem (meninggal dunia)
8. Iwan (meninggal dunia)
9, Intan (meninggal dunia)



(ALB)