100 Pegawai PT KAI Daop III Jalani Tes Urine Acak

Ahmad Rofahan    •    Senin, 07 Nov 2016 12:53 WIB
tes urine
100 Pegawai PT KAI Daop III Jalani Tes Urine Acak
Pegawai PT KAI Daop III menjalani tes urine yang dilakukan BNNK Cirebon, Senin (7/11/2016). (Metrotvnews.com/Ahmad Rofahan)

Metrotvnews.com, Cirebon: Sekitar seratus pegawai PT KAI Daop III Cirebon, Jawa Barat, menjalani tes urine, untuk membuktikan bersih dari narkoba. Kegiatan tersebut bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional Kota Cirebon.

Vice President Daop III Cirebon, Mohammad Elly mengatakan, kegiatan ini diikuti oleh seratus pegawai yang ditunjuk secara acak.

“Kegiatan ini sengaja dadakan dan tidak ada yang tahu. Kami pilih 100 pegawai secara acak,” kata Elly di Cirebon, Senin (7/11/2016).

Peredaran narkoba di Indonesia, saat ini sudah merambah ke berbagai lapisan masyarakat. Oleh karena itu, untuk menjamin pegawai PT KAI bersih dari narkoba. “Ini sebenarnya agenda rutin yang dilakukan oleh PT KAI," ujar Elly.


Petugas BNN mengumpulkan urine pegawai PT KAI Daop III. 

Pegawai yang pagi tadi melakukan pemeriksaan terdiri dari berbagai bagian, mulai dari masinis, polsuska, karyawan kantor, bagian perawatan dan lain-lain. Elly juga memastikan akan melanjutkan proses pemeriksaan, jika ada yang positif menggunakan narkoba.

“Nanti akan kita panggil dan mintai keterangan. Kita akan proses lanjutan,” ujarnya.

Sementara itu, Humas Daop III Cirebon, Krisbiyanto, membantah jika pemeriksaan ini berkaitan dengan penangkapan seorang masinis yang menjadi pengedar sabu-sabu di Depok, Jawa Barat.

Menurutnya, kegitan ini murni merupakan bagian rutinitas PT KAI yang sudah melakukan kerja sama dengan BNN.

“Tidak ada kaitannya, ini murni kegiatan rutunitas PT KAI dengan BNN,” ujar Kris.


(SAN)