Emil Klaim Omaba Go Sukses Bebaskan Balita dari Gizi Buruk

Roni Kurniawan    •    Selasa, 06 Sep 2016 15:51 WIB
gizi
Emil Klaim Omaba Go Sukses Bebaskan Balita dari Gizi Buruk
Wali Kota Bandung Ridwan Kamil meresmikan program Ojek Makanan Balita Omaba Go, MTVN - Roni Kurniawan

Metrotvnews.com, Bandung: Pemerintah Kota Bandung, Jawa Barat, mengklaim tak ada lagi balita di wilayah tersebut yang mengalami gizi buruk. Salah satu program yang berdedikasi mengentaskan gizi buruk di Kota Bandung yaitu Ojek Makanan Balita atau Omaba Go.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengapresiasi Omaba Go yang merupakan inisiatif masyarakat mengikis angka balita kekurangan gizi dan gizi buruk. Sehingga pada 2016, Bandung bebas dari gizi buruk.

"Omaba ini memberikan makanan gratis kepada balita miskin, sehingga tidak ada lagi di wilayah ini balita gizi buruk," kata pria yang akrab disapa Emil saat peluncuran program Omaba Go di Gedung Serbaguna RW 11 Riung Bandung, Kelurahan Cisaranten Kidul, Kecamatan Gedebage, Kota Bandung, Selasa (6/9/2016).

Emil mengakui lebih 20 balita di Kota Bandung mengalami gizi buruk pada 2012. Balita-balita itu kurang mendapat asupan gizi sehingga tumbuh kembangnya terganggu.

"Sekarang sudah nihil. Masyarakat berinisiatif memasak, mengolah makanan sehat, lalu mengantarnya ke balita yang dilaporkan mengalami gizi buruk," lanjut Emil.

Warga yang bergabung dalam Omaba Go menggunakan sepeda motor untuk membawa makanan bergizi pada balita yang membutuhkan. Balita yang mengalami gizi buruk itu berasal dari keluarga tak mampu.

Komite Kesehatan Omaba Go, Vita Vinera Wijaya, mengatakan program tersebut sebagai strategi untuk mendistribusikan guna memberikan makanan dan pemulihan bagi balita penderita gizi buruk.

"Agar sampai pada sasaran dan memastikan makanan yang dikonsumsi oleh balita ini makanan sehat. Ini merupakan bagian dari program coocking center," kata Vita.

Vita mengaku mendapat bantuan dari Pertamina. Sehingga Omaba Go terus berkembang menjadi posko penyediaan makanan bergizi.

"Program penanggulangan gizi buruk ini kemudian dikembangkan pada tahun 2013 dengan mendirikan cikal bakal Dapur Omaba. Awalnya hanya memanfaatkan dapur sederhana di rumah warga," terang Vita.

Omaba Go mulai beroperasi setiap hari pukul 08.00 WIB selama tiga bulan terakhir. Tim omaba ini akan bergerak mengantarkan makanan ke rumah-rumah warga yang tidak mampu dan memiliki balita. Dalam satu hari, balita akan mendapatkan dua porsi makanan sehat dan bergizi.



(RRN)