Minyak dari Pipa Bocor Bakar Sepeda Motor Warga

Ahmad Rofahan    •    Rabu, 05 Oct 2016 15:41 WIB
kebocoran pipa
Minyak dari Pipa Bocor Bakar Sepeda Motor Warga
Pekerja mengganti pipa saat melakukan 'work over' di Lapangan Struktur Cemara Selatan Rig PEP 08, Indramayu, Jawa Barat, Selasa (28/10/2014). Foto: Antara/Dedhez Angara

Metrotvnews.com, Cirebon: Minyak mentah yang tercecer akibat kebocoran pipa milik Pertamina di Blok Sumur Dalem, Kecamatan Cikedung, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, membuat sepeda motor yang tengah dikendarai Dulzalil, 43, terbakar dan meledak, Selasa 5 Oktober 2016 sekitar pukul 08.00 WIB. Akibatnya, Dulzalil mengalami luka bakar hingga 25 persen.

Kapolres Indramayu, AKBP Eko Sulistyo Basuki menduga kebakaran dipicu percikan api dari busi sepeda motor. "Saat itu ada tumpahan minyak mentah digenangan air yang dilewati motor milik Dulzalil," kata dia, ditemui di Mapolresta Cirebon. 

Kronologi kejadian, Dulzalil hendak pergi ke kebun tebu. Untuk menuju ke sana dia harus melewati jalur pipa pertamina. Motornya kemudian melewati genangan air yang ternyata mengandung minyak mentah akibat bocornya pipa Pertamina. 

Minyak mentah itu lantas mengobarkan api lantaran dipicu percikan api dari busi motornya. Seketika motornya langsung terbakar dan meledak. Dulzalil ikut terkena kobaran api.

Eko Sulistyo membantah jika terjadi ledakan. “Tidak meledak, tapi hanya terbakar," kata dia.

Usai kejadian, polisi langsung berkoordinasi dengan Pertamina untuk memperbaiki kebocoran pipa. "Kebocoran ini sudah diperbaiki," katanya.

Dulzalil saat ini dirawat di salah satu rumah sakit di Indramayu. Korban rencananya dipindahkan ke Rumah Sakit Pertamina di Klayan, Cirebon.

Eko mengatakan saat ini polisi tengah menyelidiki penyebab pasti terbakarnya motor.



(UWA)