Pencarian Korban Longsor Puncak Bogor Disetop

Rizky Dewantara    •    Rabu, 07 Feb 2018 20:13 WIB
longsorbencana longsor
Pencarian Korban Longsor Puncak Bogor Disetop
Petugas dan alat berat terus membersihkan material longsor di kawasan puncak Bogor, Jawa Barat. Foto: Medcom.id/Rizky Dewantara

Bogor: Pencarian tiga orang diduga hilang akibat longsor di Riung Gunung, Cisarua Bogor, Jawa Barat dihentikan. Tim pencari tidak menemukan tanda-tanda korban hilang dalam peristiwa ini.

Berbagai teknik pencarian sudah dilakukan. Pasukan dari berbagai satuan, alat berat, hingga K-9 sudah dikerahkan. Seluruh satuan berembuk dan menyatakan proses pencarian dihentikan.

"Proses evakuasi pencarian korban di Riung Gunung kami hentikan," kata Koordinator Tim Evakuasi dan Pencarian, Danrem 061 Kolonel Infantri Surya Kencana M Hasan di lokasi longsor Riung Gunung, Bogor, Jawa Barat, Rabu, 7 Februari 2018.

(Baca: Longsor Diduga akibat Tata Ruang tak Teratur)

Pencarian dilakukan sampai pukul 16.30 WIB. Namun tidak ada indikasi lokasi korban hingga akhirnya tim pencarian menutup operasi.

Meski demikian, petugas tetap melanjutkan proses evakuasi material dan penanganan dampak longsor di lokasi tersebut. Alat berat masih bertahan hingga 18 Februari 2018.

Penemuan patahan sepakbor motor dan sepatu yang berada di lokasi tersebut juga tidak mengarah ke korban. "Kemungkinan itu sampah-sampah lama, ini tempat transit, rest area," terangnya.

(Baca: SAR Temukan Titik Terang Lokasi Korban Longsor Puncak)

Evakuasi yang dilakukan hari ini melibatkan unsur kepolisian, TNI, BNPB, Basarnas hingga tim cepat tanggap keadaan darurat. Sebanyak 226 personel, empat anjing, dan dua alat berat diterjunkan.


(SUR)