Menhub: Angka Kecelakaan Mudik Menurun

Ahmad Rofahan    •    Selasa, 12 Jun 2018 18:11 WIB
Mudik Lebaran 2018
Menhub: Angka Kecelakaan Mudik Menurun
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Antara

Cirebon: Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyampaikan statistik arus mudik Lebaran 2018. Ia mengklaim, hingga H-3 pada arus mudik kali ini, jumlah kendaraan baik roda dua atau pun mobil mengalami penurunan.

"Kendaraan mengalami penurunan, kalau untuk motor turun 12 persen," kata Menhub di Cirebon, Selasa, 12 Juni 2018. 

Selain menurunnya jumlah kendaraan, Budi Karya juga menyampaikan bahwa tingkat kecepatan kendaraan pada arus mudik kali ini meningkat. Walaupun kecepatan meningkat, namun angka kecelakaan lalu lintas menurun.

"Kecepatan meningkat, kepadatan menurun dan kecelakaan juga menurun," kata Budi Karya. 

Menhub menyampaikan, jalur tol yang ada saat ini, hanya mengalami hambatan di beberapa titik, terutama yang masih dalam proses pembangunan, seperti di kali kuto. Untuk saat ini, Kementerian Perhubungan konsentrasi untuk mengatur rest area, yang saat ini cukup menyumbang kepadatan lalu lintas.

"Salah satu kendala di jalan tol saat ini adalah rest area. Itu merupakan konsentrasi kami dalam mudik kali ini," ujar Budi Karya.

Dalam kunjungannya ke Cirebon, Budi Karya juga mengunjungi Teriminal Harjamukti Cirebon dan sejumlah posko mudik. Menhub juga memberikan bantuan peralatan pengatur lalu lintas, kepada pihak Kepolisian dan Dinas Perhubungan.


(ALB)