Napi Rutan Kebon Waru Serahkan Fasilitas Elektronik Sukarela

P Aditya Prakasa    •    Rabu, 25 Jul 2018 12:54 WIB
sidak lapas
Napi Rutan Kebon Waru Serahkan Fasilitas Elektronik Sukarela
Petugas Rutan Kebon Waru Bandung kumpulkan fasilitas elektronik yang diserahkan warga binaan secara sukarela

Bandung: Para Warga Binaan Rumah Tahanan (Rutan) Kebon Waru Kelas I Bandung menyerahkan fasilitas elektronik yang dilarang secara sukarela kepada petugas. Barang itu berupa televisi, dispenser, kipas angin, dan penanak nasi, dilarang ada di dalam sel warga binaan. 

Hal itu menyusul adanya instruksi Direktorat Jendral PAS usai Operasi Tangkap Tangan (OTT) Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sukamiskin Wahid Husein dan penggeledahan Lapas Sukamiskin oleh Dirjen PAS Kementrian Hukum dan HAM.

"Kita berkomitmen dan sepakat melaksanakan perintah tersebut, terkait adanya isu atau temuan-temuan kamar mewah," kata Budiman di Rutan Kebon Waru Bandung, Rabu, 25 Juli 2018.

Dari hasil bersih-bersih itu terkumpul sejumlah barang elektronik berupa 53 televisi, 63 dispenser, 22 penanak nasi, 13 speaker, 28 kompor gas, 8 kipas angin, dan 15 akuarium.

Budiman mengatakan, pihaknya tak menyangkal adanya oknum petugas yang bermain. Oleh karenanya barang-barang tersebut masih bisa masuk ke dalam sel.

"Ini hasil swadaya teman-teman warga binaan. Oknumnya sudah ada, tapi kita tidak melihat ke belakang, jadi komitmen itu kita mulai dari sekarang mari sama-sama untuk memberantas terkait isu fasilitas kamar mewah," ujar dia.

Apabila ditemukan kembali oknum melakukan hal serupa, lanjut dia, tak lagi ada toleransi. Pihaknya akan menindak tegas sesuai aturan berlaku.

"Kami sudah berkomitmen tidak ada lagi toleransi kepada petugas yang menyimpang tidak sesuai dengan tugasnya," kata dia.


(ALB)