Intensitas Gempa Menurun

Octavianus Dwi Sutrisno    •    Sabtu, 16 Dec 2017 15:15 WIB
gempa
Intensitas Gempa Menurun
Dampak gempa menimbulkan kerusakan mulai dari rumah,mesjid, sekolah dan Gedung DPRD dan Kantor Bupati Kabupaten Tasikmalayaberada di Kampung Bojongkoneng, Kecamatan Singaparna. (Kristiadi/AD):

Bandung: Hasil monitoring Badan Meteorologi dan Geofisika gempa hingga pukul 07.00 WIB, gempa susulan sudah terjadi sebanyak 13 kali. Intensitas gempa susulan terus mengecil dan menunjukkan kondisi tektonik di zona gempa semakin stabil. 

"Sangat kecil peluang akan terjadi gempa susulan yang lebih besar dari gempa utamanya (main shock). Untuk itu warga masyarakat, diimbau agar tetap tenang dan tidak terpancing isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," kata Kepala Stasiun Geofisika Klas 1 BMKG Bandung, Tony Agus Wijaya, Sabtu 16 Desember 2017.

Menurut Wijaya, yang menarik adalah pusat gempa di Tasikmalaya sama hampir berdekatan dengan pusat gempa pada 2009, saat itu gempa berkekuatan 7 SR. Gempa menyebabkan kerusakan bangunan rumah dan korban jiwa. 

"Satu hal yang menarik bahwa pusat gempa yang terjadi tadi malam lokasinya berjarak sekitar 50 Km arah utara dari pusat gempa merusak yang sempat terjadi pada tahun 2009," ungkap Tony, Sabtu 16 Desember 2017.

Tony bilang, banyak pertanyaan warga lantaran gempa berkekuatan 6,9 SR dengan kedalaman 107 Km dapat berdampak kerusakan. Menurutnya, zona gempa di Tasikmalaya dan Pangandaran khususnya yang di kawasan pesisir, lahannya tersusun oleh material tanah lunak.

"Karakteristik tanah lunak semacam ini dapat menimbulkan resonansi gelombang seismik hingga memicu amplifikasi guncangan gempa, ditambah lagi kondisi bangunan yang ada banyak yang tidak memiliki standar aman gempa bumi, maka dengan mudah terjadi kerusakan saat diguncang gempa," ucapnya.

Selain itu, Tony menerangkan tingkat kerusakan akibat gempa bumi tidak hanya disebabkan oleh kekuatan/magnitudo dan jaraknya dari pusat gempa. Tapi, dari kondisi tanah setempat dan kualitas bangunan sangat menentukan tingkat kerusakan.



(ALB)