Warga di Pangandaran pun Rasakan Guncangan

Octavianus Dwi Sutrisno    •    Selasa, 23 Jan 2018 19:48 WIB
gempa bumi
Warga di Pangandaran pun Rasakan Guncangan
Ilustrasi gempa, Metrotvnews.com

Bandung: Gempa tektonik yang berasal dari wilayah Lebak, Banten, ternyata terasa hingga Jawa Barat sebelah timur. Termasuk, Sumedang dan Pangandaran.

Guncangan gempa terasa mulai jam 13.35 WIB, Selasa 23 Januari 2018, dan berlangsung kurang lebih dua menit. Kerasnya guncangan gempa tersebut cukup terasa terutama di gedung Panwaslu Kabupaten Sumedang.

"Guncangan gempanya terasa sekali, keras dan cukup lama. Kami khawatir sehingga langsung lari keluar dari dalam kantor," ujar Aam Aminullah yang saat itu tengah berada di dalam gedung Panwas Selasa 23 Januari 2017.

Sementara itu, hal yang sama diakui oleh Hasan, 37 yang tengah berada di salah satu rumah makan Tahu Sumedang. Ia mengatakan, pengunjung di rumah makan yang terletak tak jauh dari Griya Sumedang sontak kaget dan berlarian keluar.

"Iya kami langsung keluar dari rumah makan saat gempa terasa. Cukup kencang dan lama," katanya.

Selanjutnya, saat terjadi gempa, warga dan sejumlah pegawai perkantoran di wilayah Pangandaran memilih keluar gedung perkantoran dan rumah menuju halaman dan mencari tempat yang aman karena guncangan gempa cukup kencang.

"Saya sedang di warung dekat Kantor Pemda, tiba - tiba di halaman Pemda, beberapa pegawai berhamburan sambil berteriak gempa," ungkap Jalaludin.

Sempat tersebar foto - foto pasca gempa di media sosial. Menanggapi hal ini Kepala Stasiun Geofisika Klas 1 BMKG Bandung, Tonny Wijaya menegaskan masyarakat jangan terpengaruh dengan informasi informasi yang belum tentu kebenarannya.

"Masyarakat sebaiknya mengecek dulu sumber informasinya. Ada cara mudah cek foto. Pakai "google search by image" buka google, geser gambar ke kotak," pungkasnya.


(RRN)