Bima Arya Pamer Deretan Fasilitas Publik di Bogor ke Menpan RB

Rizky Dewantara    •    Jumat, 02 Feb 2018 15:47 WIB
fasilitas umum
Bima Arya Pamer Deretan Fasilitas Publik di Bogor ke Menpan RB
Wali Kota Bima Arya dan Menpan RB berjalan santai di sekitaran Bogor, Jumat 2 Februari 2018, Medcom.id - Rizky

Bogor: Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Asman Abnur melakukan dialog dengan Wali Kota Bogor Bima Arya. Keduanya berjalan mengelilingi pedestrian Istana dan Kebun Raya Bogor, Kota Bogor, Jawa Barat, Jumat, 2 Februari 2018.

Tampaknya, dialog Bima Arya dan Asman Abnur serius. Tapi di sela-selanya, keduanya bercanda. 

Sebagai tuan rumah, Bima Arya menunjukkan sejumlah fasilitas publik kepada Asman. Mulai dari pedestrian yang ramah disabilitas, perubahan Taman Sempur, penataan sekitaran Tugu Kujang, hingga kerjasama dengan LIPI selaku pengelola Kebun Raya.

"Komplit di sini. Tadi saya diajak keliling-keliling sama Pak Bima Arya. Selain ada Istana dan Kebun Raya, ternyata di sekelilingnya ada pasar, jogging track, taman bermain, pedestrian. Mudah-mudahan tambah bagus lagi ke depannya agar bisa menjadi salah satu kota percontohan di Indonesia," ungkap Asman.

Mantan Wakil Wali Kota Batam ini menambahkan, hal yang wajar ketika Kemenpan-RB mengganjar Pemkot Bogor di bawah kepemimpinan Bima Arya dengan predikat B untuk Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP).

"Nah Kota Bogor ini, naik dari CC ke B. Artinya, pengelolaan keuangannya itu manfaatnya sudah dirasakan langsung oleh masyarakat. Ini berdasarkan survei, bukan penilaian saja," jelasnya.

Asman Abnur menyatakan LAKIP merupakan proses evaluasi yang dilakukan kementeriannya terhadap pengelolaan keuangan. 

"Jadi sekarang yang menjadi penilaian kami adalah outcome, bukan hanya serapan, bukan hanya laporan keuangan tapi hasilnya apa. Kota Bogor ini hasilnya jelas ada infrastruktur yang bisa dinikmati masyarakat. Selama ini banyak daerah yang pengelolaan keuangannya, uangnya habis tapi hasilnya tidak ada. Tidak ada manfaatnya buat masyrakat. Itu yang kami evaluasi," bebernya.

Menurut dia, Kota Bogor punya potensi yang sangat besar sebagai destinasi pariwisata, bisnis MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition) hingga wisata olahraga.

"Tinggal bagaimana menatanya, menjadi suatu kota yang cantik dan memiliki daya tarik luar biasa. Pak Bima tinggal memberikan ruang kepada investor untuk membangun fasilitas lainnya yang mendatangkan PAD untuk Kota Bogor," pungkasnya. 



(RRN)