Polisi Buru Pelaku Penembakan Anggota Brimob di Papua

Octavianus Dwi Sutrisno    •    Senin, 23 Oct 2017 15:45 WIB
penembakan
Polisi Buru Pelaku Penembakan Anggota Brimob di Papua
Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigadir Jenderal Rikwanto. Foto: Metrotvnews.com/ Arga Sumantri.

Metrotvnews.com, Bandung: Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua diburu kepolisian. Mereka diduga sebagai pelaku penembakan terhadap kendaraan patroli keamanan internal PT Freeport Indonesia di sekitar area Mile Point 67, Distrik Tembagapura, Mimika, Papua. Kejadian itu menewaskan satu anggota Brimob.

"Kejadian ini sering terjadi, baik terhadap karyawan maupun pegawai lainnya dalam kaitan operasional PT Freeport. Sehingga ada pengawalan, kebetulan kemarin terjadi baku tembak yang berakibat anggota Brimob terluka dan satu meninggal dunia," kata Karo Penmas Mabes Polri Brigjen Pol Rikwanto, di Hotel Sheraton, Jalan Djunjunan, Kota Bandung, Senin 23 Oktober 2017.

Baca: Kendaraan Patroli Keamanan Freeport Kembali Ditembaki

Rikwanto prihatin atas anggota Brimob meninggal dunia tersebut. Adapun, total korban yang tertembak ada lima orang anggota Brimob.

"Sudah ada personel di sana untuk pengamanan, kini sedang analisis tentang gerakan dari para pelaku ini, mudah-mudahan antisipasi lebih baik lagi, kami upayakan pelajari pergerakan musuh ini agar tidak lagi kejadian serupa," bebernya.

Rikwanto menerangkan, para pelaku bersenjata menggunakan sistem Hit and Run. Setelah melakukan penembakan, mereka langsung masuk hutan dan naik pegunungan.

"Situasi sudah kondusif, penjagaan angota Brimob diperbanyak, khususnya pada jalur yang diperkirakan terjadi penembakan, sambil ditelusuri ke mana mereka melarikan diri," paparnya.

Rikwanto belum mau menduga kelompok bersenjata mana yang menembaki dua mobil patroli milik PT Freeport Indonesia pada 21 Oktober 2017. "Setelah jelas nanti dapat dipetakan dari kelompok mana, apakah dari anggota yang dulu," pungkasnya.


(ALB)