Kapolri Ingin Tol Japek Selesai Akhir 2019

Antonio    •    Senin, 12 Mar 2018 10:48 WIB
tol cikampek
Kapolri Ingin Tol Japek Selesai Akhir 2019
endaraan melintas di samping salah satu lokasi pengerjaan pembangunan infrastruktur di ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Jawa Barat. (ANT/Risky Andrianto)

Bekasi: Kapolri Jendeal Tito Karnavian berharap proyek pembangunan di Tol Jakarta-Cikampek (Japek) bisa selesai akhir 2019. Sehingga kemacetan di tol tersebut bisa segera teratasi. 

"Memang karena tiga hal tadi, yakni adanya pembangunan MRT, LRT, kemudian elevated tol dan lain-lain," kata Tito saat meninjau pemberlakukan ganji genap Tol Jakarta-Cikampek, Bekasi, Jawa Barat, Senin, 12 Maret 2018. 

Tito menyadari masyarakat banyak yang tidak nyaman dengan kecametan di Tol Japek. Terlebih yang hendak ke Bandung, waktu tempuh menjadi sangat panjang. 

Jenderal bintang empat itu menyatakan akan mencari solusi bersama Kementerian Perhubungan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Jasa Marga, serta Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek. Tiga kebijakan sudah dilahirkan berkat kerja sama ini. 

Tiga kebijakan itu yakni pemberlakuan aturan ganjil-genap, pengaturan jam operasional kendaraan sumbu III lebih, dan penyediaan jalur khusus bus yang dimulai hari ini.

"Kita berupaya mengurangi kemacetan," katanya. 

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan penerapan kebijakan tersebut merupakan upaya untuk mengurai kemacetan di Tol Japek.

"Pada akhirnya masyarakat menggunakan angkutan massal seperti bus, kereta api, dan sebagainya. Jadi nanti pada saat LRT beroperasi, masyarakat menggunakan LRT," kata Budi.


(LDS)