Kajian Pelanggaran Netralitas Sekda Bekasi Dikirim ke KASN

Antonio    •    Kamis, 29 Mar 2018 09:23 WIB
pilkada serentakpilkada 2018
Kajian Pelanggaran Netralitas Sekda Bekasi Dikirim ke KASN
Ketua Panwaslu Kota Bekasi Novi Ulya Hastuti. Foto: Medcom.id/Antonio

Bekasi: Panwaslu Kota Bekasi mengirim berkas kajian dugaan pelanggaran netralitas Sekretaris Daerah Kota Bekasi, Rayendra Sukarmadji, ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Dokumen rencananya diserahkan hari ini, Kamis, 29 Maret 2018.

Ketua Panwaslu Kota Bekasi Novi Ulya Hastuti mengatakan kasus tersebut dihentikan karena batasan waktu dan saksi tidak bisa hadir. "Kita sampaikan ke KASN, Insyaallah arsip itu kita hantarkan ke KASN," kata dia di Bekasi, Rabu, 28 Maret 2018.

Ia menjelaskan, ada beberapa kendala yang dialami Panwaslu Bekasi dalam penindakan. Pihaknya sudah memanggil saksi, namun tidak hadir. Hanya terlapor yang hadir.

(Baca: Kasus Dugaan Sekda Kota Bekasi tak Netral Disetop)

"Kemudian kita kaji bersama Gakkumdu ternyata tidak memenuhi unsur di situ, materilnya dengan peristiwa kejadiannya tidak sesuai akhirnya dihentikan enggak boleh melebih waktu yang sudah ditentukan sesuai peraturan Bawaslu," tambahnya.

Ia menerangkan kasus tidak dilimpahkan karena sudah selesai diproses. Hasil kajian dan proses dugaan kasus diserahkan ke KASN sebagai bentuk pertanggungjawaban.

(Baca: Sekda Bekasi Diduga Instruksikan Dukung Salah Satu Paslon)

Sebelumnya diberitakan, Sekda Kota Bekasi diduga melanggar netralitas dengan mengarahkan ASN mendukung salah satu pasangan calon wali dalam pidato.

Kasus tersebut diproses Panwaslu Kota Bekasi. Ia hadir saat dimintai keterangan. Beberapa hari setelahnya kasus dugaan itu dihentikan karena pelapor tidak dapat menghadirkan saksi untuk dimintai keterangan.


(SUR)