BIJB Kebut Persiapan Keberangkatan Haji Tahun Depan

Ahmad Rofahan    •    Selasa, 14 Aug 2018 16:32 WIB
Haji 2018Bandara Internasional Jawa Barat
BIJB Kebut Persiapan Keberangkatan Haji Tahun Depan
Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka -- medcom.id/Ahmad Rofahan

Cirebon: Rencana penerbangan calon jemaah haji dari Bandara Internasional Jawa Barat ( BIJB) Kertajati Majalengka, tahun ini, tak bisa terealisasi. Pihak BIJB menargetkan pada keberangkatan haji tahun depan nanti, pihaknya bisa ikut memberikan fasilitas penerbangan bagi para calon haji.

Direktur Utama BIJB Virda Dimas Ekaputra menuturkan, gagalnya BIJB menerbangkan calon haji pada tahun ini, dikarenakan landasan di BIJB baru 2.500 meter. Sedangkan untuk bisa mengangkut jemaah haji dengan menggunakan pesawat boeing 777, minimal landasan harus sepanjang 3.000 meter. 

“Kami akui, karena kami belum siap,” ujar Virda saat menghadiri dialog di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Cirebon, Selasa, 14 Agustus 2018. 

Pada keberangkatan tahun ini, pihaknya sempat mencoba menggunakan sistem embarkasi antara. Namun Kementerian Agama (Kemenag) mengeluarkan aturan, mengenai biometrik bisa dilakukan di asrama haji Bekasi. Sehingga pihaknya kesulitan untuk memindahkannya.

“Karena mereka sudah bekerjasama dengan imigrasi Arab Saudi,” kata Virda.

Utuk saat ini, BIJB sudah mulai menyiapkan sejumlah persiapan untuk keberangkatan calon jemaah haji tahun depan. Salah satunya yaitu, dengan pembangunan aerocity yang akan difasilitasi dengan apartemen, rumah sakit, hotal dan juga asrama haji.

“Mudah-mudahan, asrama haji sudah bisa digunakan untuk keberangkatan tahun depan,” kata Virda.

Virda mengungkapkan, konstruksi untuk membangun aerocity akan dimulai November nanti. Diharapkan, dengan adanya waktu yang cukup panjang menuju keberangkatan haji pada tahun depan, sejumlah fasilitas tersebut bisa segera diselesaikan.

“Semoga bisa diselesaikan segera dan tahun depan kita bisa ikut memberikan pelayanan kepada jemaah haji,” kata Virda.


(ALB)