Bandara Kertajati akan Melayani Penerbangan Umrah pada Oktober

Ahmad Rofahan    •    Selasa, 14 Aug 2018 18:55 WIB
bandarapenerbangan
Bandara Kertajati akan Melayani Penerbangan Umrah pada Oktober
Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.

Cirebon: Bandara International Jawa Barat (BIJB) di Kertajati Majalengka, akan melayani penerbangan umrah pada Oktober nanti. Direktur Utama BIJB, Virda Dimas Ekaputra memperkirakan penerbangan perdana umroh akan dilaksanakan pada pertengahan Oktober tahun ini.

"Perkiraan penerbangan perdana untuk umrah pada 14 Oktober nanti," kata Virda di Cirebon, Jawa Barat, Selasa, 14 Agustus 2018.

Virda menjelaskan, untuk perjalanan umrah, keberangkatan akan menggunakan pesawat boeing 737 NG yang akan diberangkatkan dengan maskapai lion air. 

Penggunaan jenis pesawat tersebut dipilih karena landasan pacu BIJB hanya mempunyai panjang 2500 meter. Dalam penerbangannya nanti, jemaah umrah akan transit terlebih dahulu di India.

"Nanti transit dulu di India, kemudian melanjutkan perjalanan ke Arab Saudi," ungkap Virda. 

Virda juga menjelaskan, pihaknya saat ini terus melakukan pembangunan landasan pacu. Ia menargetkan, pada bulan November ini, BIJB sudah mempunyai landasan pacu sepanjang 3000 meter.

"Karena jemaah haji, pesawatnya membutuhkan landasan pacu minimal 3000 meter," beber Virda.

Saat ini juga, BIJB bekerjasama dengan PT PP Properti TBK, sedang membangun business aerocity, untuk menunjang keberadaan BIJB. Beberapa fasilitas yag sedang dibangun di business aerocity tersebut seperti apartemen, hotel, rumah sakit dan asarama haji.

"Semoga saja tahun depan sudah bisa digunakan. Kontruksinya pada bulan November ini," pungkas Virda.


(DEN)