Ridwan Kamil Perintahkan Penanganan Korban Kecelakaan di Sukabumi

Roni Kurniawan    •    Sabtu, 08 Sep 2018 17:42 WIB
kecelakaan bus
Ridwan Kamil Perintahkan Penanganan Korban Kecelakaan di Sukabumi
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Medcom.id/Roni

Bandung: Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengucapkan belasungkawa atas terjadinya dua kecelakaan bus di jalur Cikidang-Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat pada Jumat dan Sabtu 8-9 September 2018. Dua kecelakaan tersebut menelan korban jiwa sebanyak 18 orang dan kini dalam penanganan pihak kepolisian setempat.

"Turut berduka cita atas kecelakaan yang merenggut nyawa di Jalan Kabupaten Sukabumi, berita ini sangat menyedihkan, biasanya berita itu tidak terdengar di daerah itu," ujar Ridwan Kamil saat ditemui di kawasan Jalan Banda, Kota Bandung, Sabtu, 9 September 2018 sore.

Baca: Korban Tewas Bus Masuk Jurang di Sukabumi jadi 17 Orang

Pria yang akrab disapa Emil ini pun akan memerintahkan aparat setempat untuk cepat mengevakuasi para korban. Emil pun akan berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat untuk melakukan penanganan para korban secara baik.

"Saya mengimbau dan mungkin saya akan memerintahkan kepada pihak aparat setempat agar memastikan evakuasi dan penyelamatan korban yang ada di sana berjalan dengan baik," urainya.

Selain itu, Emil pun akan menginstruksikan Dinas Perhubungan (Dishub) Jawa Barat untuk memberikan peringatan kepada perusahaan operasional bus terkait kelaikan untuk beroperasional. 

"Saya akan memerintahkan Dishub supaya menyurati perusahaan-perusahaan bus agar memeriksa kesehatan sopir dan juga kelengkapan busnya. Karena saya dengar ada indikasi rem blong yang mebyebabkan kecelakaan," pungkasnya.

Sebelumnya, terjadi dua kecelakaan bus di jalur alternatif Cikidang-Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Kejadian pertama menimpa bus rombongan Lemhanas RI masuk ke jurang sedalam 30 meter dan mengakibatkan korban meninggal dunia satu orang pada Jumat 8 September 2019 sekitar pukul 23.30 WIB.

Sementara kejadian kedua terjadi pada Sabtu 9 September sekitar pukul 11.00 WIB menimpa bus rombongan dari Jakarta yang menewaskan 17 orang karena masuk ke dalam jurang.

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari Polres Sukabumi, seluruh korban telah berhasil dievakuasi dari tempat kejadian perkara dan dibawa ke RSUD Sukabumi.



(ALB)