7.500 Personel Polda Jabar Amankan Asian Games 2018

P Aditya Prakasa    •    Jumat, 03 Aug 2018 13:59 WIB
asian games 2018
7.500 Personel Polda Jabar Amankan Asian Games 2018
Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Agung Budi Maryoto (tengah) dalam Apel Pasukan Among Raga, di Lapangan Gasibu, Kota Bandung, Jumat, 3 Agustus 2018. Medcom.id/P. Aditya Prakasa

Bandung: Personel gabungan dari TNI, Polri, Basarnas, serta unsur kedinasan yang berjumlah 10.200 orang diterjunkan untuk mengamankan pelaksanaan Asian Games 2018 Jakarta-Palembang. Pasukan gabungan tersebut akan melakukan pengamanan kompetisi olah raga yang digelar di Jawa Barat.

Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Agung Budi Maryoto mengatakan ‎10.200 personel gabungan tersebut terdiri dari 1.400 TNI‎, 7.500 Polri, dan sisanya dari kedinasan seperti Satpol PP, dan Dinas Kesehatan, dan Basarnas.

"Ini merupakan momentum yang baik dalam mem‎promosikan Indonesia di dunia Internasional. Untuk itu, mari sama-sama jaga kondusivitas dan keamanan saat penyelenggaraan Asian Games," kata Agung saat memimpin Apel Pasukan Among Raga, di Lapangan Gasibu, Kota Bandung, Jumat, 3 Agustus 2018.

‎Ajang internasional tersebut akan memberikan dampak positif bagi Jawa Barat. Dia mengimbau masyarakat Jawa Barat untuk ‎jadi tuan rumah yang ramah dan bertanggung jawab.

"Sehingga nama Indonesia diperhitungkan di dunia internasional," ucap Agung.

Polda Jawa Barat bersama pemerintah daerah menyiapkan langkah untuk menyukseskan Asian Games 2018. Di antaranya peninjauan kesiapan arena, pengecekan kesiapan personel, pelatihan bahasa inggris bagi petugas kepolisian, dan penindakan kejahatan jalanan.

"Arahan saya pertama, landasi setiap tugas dengan kesadaran dan keikhlasan, kedua kedepankan pendektan pereventif, dan penegakan hukum dengan tegas terukur," ucap Agung.

Lima cabang olah raga‎ dipertandingan di Jawa Barat, yaitu sepak bola, paralayang, sepeda gunung, balap sepeda, dan kano slalom.

‎Untuk cabang olah raga sepak bola, ada empat stadion yang telah disiapkan. Pertama di Stadion Si Jalak Harupat Kabupaten Bandung, Stadion Patriot Kota Bekasi, Stadion Wibawamukti Kabupaten Bekasi, dan Stadion Pakansari Kabupaten Bogor.

Kemudian untuk paralayang di Gunung Mas Puncak Kabupaten Bogor, kano slalom di Bendung Bentang Kabupaten Majalengka, sepeda gunung dan balap sepeda di Kabupaten Subang.

 


(SUR)