Penjual Benih Lobster Ilegal Senilai Rp3 Miliar Ditangkap

Ahmad Rofahan    •    Senin, 07 May 2018 17:00 WIB
lobster
Penjual Benih Lobster Ilegal Senilai Rp3 Miliar Ditangkap
Kapolda saat menunjukkan benur lobster yang berhasil diamankan Polda Jabar. Medcom.id/Ahmad Rofahan

Cirebon: Polda Jawa Barat berhasil menangkap tiga warga Sukabumi, Jawa Barat, yang memperjualbelikan baby lobster (benih lobster atau benur) ilegal. Ketiga tersangka ditangkap di Kecamatan Palabuhanratu, Sukabumi, Jawa Barat.

Ketiga pelaku berinisial AW, 38, AM, 35, dan B, 29. Mereka ditangkap polisi di sebuah rumah di Kecamatan Palabuhanratu yang diduga sebagai tempat penampungan dan pengemasan baby lobster.

Agung menduga tersangka ini memanfaatkan nelayan yang berhasil menangkap baby lobster untuk dijual kepada mereka. "Mereka nantinya akan dijual kembali ke luar negeri," kata Agung dalam keterangan Pers di Mapolres Cirebon, Senin, 7 Mei 2018.

Benur lobster yang berhasil diamankan oleh pihak kepolisian, berjumlah sekitar 13.200 ekor. Jika dinominalkan, keseluruhan benur lobster tersebut memiliki nilai jual sebanyak Rp3 miliar.

Menurut Agung, harga satu ekor benur lobster dengan ukuran yang kecil, berkisar di antara Rp250 ribu-Rp300 ribu.

Polda Jabar masih melakukan penyelidikan guna mengungkap modus dan jaringan penjualan benur. Sebab, jual beli benur ilegal sudah berulang kali terungkap.

"Masih kita selidiki, untuk bisa mendapatkan informasi yang lebih lengkap," ujar Agung.

Berkaca pada kasus serupa yang pernah ditangani oleh Polda Jabar, benur tersebut akan dijual ke wilayah Vietnam dan Singapura. Ketika saat masih berukuran benur dijual seharga Rp250 ribu-Rp300 ribu. Sedangkan harga jual lobster berukuran dewasa mencapai Rp1 juta lebih.

"Ketika masih benur, dijual ke luar negeri. Ketika sudah menjadi lobster dijualnya ke Indonesia,” kata Agung.

Pelaku diancam hukuman selama enam tahun penjara dan denda Rp1,6 miliar, karena melanggar Pasal 88 Jo Pasal 16 ayat (1), Pasal 100 Jo Pasal 7 ayat (2) huruf m dan n Undang-Undang RI Nomor 45 tahun 2009 tentang perubahan atas UU RI Nomor 31 tahun 2004 tentang perikanan.


(SUR)