Menhub: Jalan Tol Bangkitkan Ekonomi Daerah

Antara, Ahmad Rofahan    •    Sabtu, 29 Dec 2018 16:28 WIB
toltransjawa
Menhub: Jalan Tol Bangkitkan Ekonomi Daerah
Menhub saat membagikan peta kuliner ke pengguna jalan tol yang sedang beristirahat di rest area.

Palikanci: Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menilai bahwa jalan tol, seperti Tol Trans-Jawa memberi arti bagi masyarakat dan membangkitkan perekonomian daerah, khususnya pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM).

"Ada tugas dari Presiden Joko Widodo kepada saya bahwa konektivitas itu harus, namun konektivitas yang seperti apa? Konektivitas yang deliver, artinya fungsi jalan tol itu tidak sekadar untuk menghubungkan Jakarta, Semarang, Solo dan Surabaya. Ada arti dari jalan tol itu bagi masyarakat," ujar Menhub di Rest Area Km 207A Tol Palikanci, Cirebon, Jawa Barat, Sabtu, 29 Desember 2018. 

Dia menjelaskan bahwa pemerintah membuktikan kepada sejumlah pihak yang mengkritisi pembangunan jalan tol, bahwa jalan tol memberikan arti bagi masyarakat. 

"Saya tadi bertemu Wali Kota Cirebon, begitu banyak tambahan kunjungan wisata, restoran semakin padat pengunjung, ini suatu bukti," kata Menhub. 

Budi juga mengatakan bahwa saat ini Jasa Marga, BNI, PII dan sebagainya membuat kolaborasi, mengkurasi kerajinan makanan khas dari pelaku usaha makro, kecil dan menengah (UMKM) di seluruh kota yang dilalui jalan tol untuk bisa membuka usaha di Rest Area-Rest Area.

Menhub menilai bahwa jalan tol Trans Jawa yang disertai dengan alternatif-alternatif makanan khas daerah setempat merupakan hal yang sangat menarik.

"Jadi jalan tol Jakarta-Surabaya bisa membangkitkan ekonomi masyarakat di sepanjang jalan tol tersebut," kata Menhub.

Menhub Budi Karya Sumadi meninjau langsung Rest Area di Km 207A Tol Palikanci, Cirebon dan berinteraksi dengan para generasi Milenial Kementerian Perhubungan dan Jasa Marga.

Saat meninjau langsung Rest Area tersebut, Menhub juga menyapa para pengguna jalan tol yang sedang singgah dan  memperkenalkan sekaligus membagikan buku "Peta Kuliner Trans-Jawa" kepada mereka.



(ALB)