Reruntuhan Bangunan Berserakan di Pantai Carita

Antara    •    Senin, 31 Dec 2018 11:22 WIB
Tsunami di Selat Sunda
Reruntuhan Bangunan Berserakan di Pantai Carita
Petugas mendata kendaraan korban terjangan tsunami di Pantai Anyer, Banten, MI - Susanto

Pandeglang: Reruntuhan bangunan bekas bencana tsunami di kawasan Pantai Carita Pandeglang, Banten, berserakan. Pantai Carita merupakan kawasan yang terkena dampak paling parah dari terjangan tsunami pada Sabtu, 22 Desember 2018.

Jahro, warga Pantai Carita, mengatakan pembersihan reruntuhan belum dilakukan. Namun ia mendapat informasi tak ada lagi korban tsunami di bawah reruntuhan.

Baca: Tsunami di Banten Tak Lazim

Banyak vila dan penginapan di pinggr pantai ambruk akibat terjangan tsunami. Banyak pula pengunjung pantai meninggal. Sebab bencana terjadi saat pengunjung tengah merayakan libur akhir pekan bersama keluarga.

"Sedangkan saya dan warga masih tinggal di pengungsian. Kami belum bersih-bersih reruntuhan bangunan dan rumah," kata Jahro di Pandeglang, Senin, 31 Desember 2018.

Pernyataan serupa pun disampaikan Nana, penjaga keamanan di Pantai Carita Pandeglang. Ia juga mengatakan belum ada perbaikan bekas tsunami dan reruntuhan.

Saat ini, lanjut Nana, Pantai Carita sepi. Padahal di malam pergantian tahun lalu, Pantai Carita merupakan salah satu tujuan wisatawan untuk menyambut tahun baru.

Selain pinggir pantai, reruntuhan bangunan juga berserakan di ruas jalan menuju Pantai Anyer dan Carita. Bukan hanya vila, rumah milik warga setempat pun ambruk.

"Tapi alhamdulillah saya dan keluarga selamat," ujar Udin, warga Pantai Carita yang rumahnya ambruk diterjang tsunami.

Lihat video:
 


(RRN)