Bocah Direndam di Minyak Panas

Rahel Akan Dapat Pendampingan Hapus Trauma

Roni Kurniawan    •    Rabu, 25 Oct 2017 17:11 WIB
kekerasan anak
Rahel Akan Dapat Pendampingan Hapus Trauma
Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Pemberdayaan Masyarakat (DP3APM) Kota Bandung Dedi Sopandi. Foto: MTVN/Roni Kurniawan

Metrotvnews.com, Bandung: Rahel Heriani, 11, akan mendapatkan pendampingan guna memulihkan kondisi psikologis usai keluar dari Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung. Hal itu untuk menghilangkan trauma sebagai korban kekerasan oleh nenek tirinya pada September 2017 lalu.

Wajah Rahel mengalami luka bakar parah karena dimasukkan ke dalam wajan berisikan minyak goreng panas. Dia dirawat sejak September lalu dan baru diperbolehkan pulang kemarin, Selasa 24 Oktober 2017.

"Setiap hari Rabu kita sudah tunjuk psikolog mendatang ke rumahnya untuk menggali trauma psikologis," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Pemberdayaan Masyarakat (DP3APM) Kota Bandung Dedi Sopandi, Rabu 25 Oktober 2017. Pendampingan dilakukan secara rutin terhadap Rahel, baik di rumahnya atau di kantor UPT. Bahkan pihaknya pun akan membantu kepindahan sekolah Rahel dari Cililin, Kabupaten Bandung Barat ke Kota Bandung.

Pemerintah Kota Bandung juga akan membantu proses pindah sekolah Rahel. Orang tua Rahel memutuskan akan membawa Rahel untuk tinggal di Bandung.

(Baca: Rahel tak Tinggal Bersama Orang Tuanya)

Dedi mengatakan, kondisi Rahel saat ini berangsur membaik dan sudah mulai aktif berkomunikasi. Hal itu diakuinya akan memudahkan proses pendampingan untuk mengembalikan kondisi bocah kelas 5 SD itu.

"Tadi kita sudah lihat ke lokasi, dia sudah mau berkomunikasi. Dan sudah mampu dan mau bersekolah, kita bantu juga agar rasa percaya diri dia kembali," ungkapnya.

(Kabar lain: Rahel Masuk Kamar Operasi Tiap Lima Hari Sekali)

Selain itu, Rahel pun akan mendapat pendampingan selama melakukan rawat jalan ke RSHS Bandung. Pasalnya usai keluar dari rumah sakit, Rahel harus melakukan rawat jalan lima hari sekali ke RSHS.

"Kita akan mengantar dan berharap gratis selama rawat jalan, karena kemarin selama di rumah sakit semua tanpa biaya alias gratis," pungkasnya.

(Klik: Rahel Ingin Bertemu Emil)
 


(SUR)