Tak Punya E-Toll, Puluhan Kendaraan Putar Balik di Tol Ciperna

Ahmad Rofahan    •    Jumat, 20 Oct 2017 13:50 WIB
jalan tol
Tak Punya E-Toll, Puluhan Kendaraan Putar Balik di Tol Ciperna
Kendaraan putar balik di pintu Tol Ciperna Timur, Cirebon, Jawa Barat. MTVN/Rofahan

Metrotvnews.com, Cirebon: Puluhan kendaraan yang hendak memasuki pintu Tol Ciperna Timur, Cirebon, Jawa Barat, terpaksa harus kembali putar arah. Pasalnya, pengendara tidak memiliki Kartu e-Toll sebagai akses masuk gerbang tol.

Yusuf, salah satunya. Ia terpaksa harus berputar arah dan urung masuk tol, karena tidak memiliki kartu e-Toll. Menurut Yusuf, ia tidak tahu soal wajib menggunakan e-Toll sebagai akses masuk jalan tol.

“Saya enggak tahu, kirain masih bisa menggunakan tunai,” kata Yusuf di Cirebon, Jumat 20 Oktober 2017.

Begitu juga dialami oleh Roni. Walaupun belum sempat tiba di gerbang, namun ia memilih berhenti, setelah melihat sejumlah kendaraan berputar arah. Roni mengaku sudah memiliki kartu e-toll, namun ia lupa membawanya.

“Udah punya, tapi lupa dibawa,” ujar Roni.

Traffic Management Manager Tol Palikanci, Agus Hartoyo mengatakan, pihaknya biasanya menyediakan kartu e-Toll bagi para pengendara yang hendak masuk tol. Namun, pada hari ini, pihaknya kehabisan stok, sehingga terpaksa, mengarahkan para pengendara yang belum memiliki kartu, untuk mencari di luar.

“Kami sedang kehabisan stok, jadi tidak bisa menyediakan pembelian langsung,” kata Agus.

Namun menurutnya, beberapa pengendara yang memilih berputar arah, bukan hanya karena stok toll card yang saat ini kehabisan. Tapi ada juga pengendara yang enggan membeli kartu karena uang yang kurang, atau mereka memilih untuk melalui jalur arteri.

“Dari Tol Ciperna menuju pintu keluar Plumbon itu biayanya sekitar Rp2.500. jadi banyak sopir yang memilih untuk tidak membeli toll card yang seharga Rp50ribu,” kata Agus.

Agus memastikan, pihaknya sudah memberikan sosialisasi secara maksimal. Selain sudah marak di berbagai pemberitaan media, pihak Jasa Marga Tol Palikanci juga sudah memasang sepanduk di sejumlah pintu masuk tol.



(ALB)