Camat di Kabupaten Bandung Diminta Mewaspadai Banjir

Jaenal Mutakin    •    Kamis, 19 Oct 2017 12:08 WIB
bencana
Camat di Kabupaten Bandung Diminta Mewaspadai Banjir
Petugas melihat peta potensi gerakan tanah saat sosialisasi Potensi Gerakan Tanah di Indonesia di Badan Geologi, Bandung, Jawa Barat -- ANT/M Agung Rajasa

Metrotvnews.com, Bandung: Seluruh camat di Kabupaten Bandung diminta meningkatkan kewaspadaan terhadap daerahnya yang rawan banjir, longsor, dan angin kencang. Pasalnya, intensitas hujan di Kabupaten wilayah tersebut kini kian meningkat.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Kabupaten Bandung Sofian Nataprawira mengatakan, pihaknya sudah mengirimkan surat ke seluruh camat di Kabupaten Bandung. Para camat didorong meningkatkan daya tampung dan daya dukung lingkungan melalui program kegiatan bersama masyarakat.

"Mengingat sekarang memasuki peralihan musim," kata Sofian di Bandung, Jawa Barat, Kamis 19 Oktober 2017.

Sofian menjelaskan, masyarakat bisa diajak membersihkan sungai atau menata drainase dan saluran air dari sampah yang bisa menyumbat dan menimbulkan banjir. Selain itu, para camat juga diminta berkoordinasi dengan dinas terkait untuk mengurangi resiko bencana.

"Kami imbau kepada masyarakat agar berhati-hati dalam melakukan aktivitas di kawasan hutan maupun dataran tinggi dengan kemiringan lereng atau tebing curam antara 45 derajat sampai 90 derajat," pungkasnya.

Berdasarkan data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pada September lalu, sejumlah daerah telah memasuki musim penghujan. Peralihan musim atau pancaroba ini akan berdampak pada cuaca ekstrem dan menyebabkan bencana alam.


(NIN)