Peresmian Tol Soreang-Pasirkoja (Soroja)

Presiden: Warga Kabupaten Bandung Bersiaplah Hadapi Percepatan Ekonomi

Jaenal Mutakin    •    Senin, 04 Dec 2017 17:13 WIB
infrastrukturjalan tol
Presiden: Warga Kabupaten Bandung Bersiaplah Hadapi Percepatan Ekonomi
Kendaraan melintas di depan gerbang Tol Soreang seusai peresmian Jalan Tol Soreang - Pasir Koja (Soroja) di Soreang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Senin, 4 Desember 2017. Foto: Antara/M Agung Rajasa

Bandung: Presiden Joko Widodo meresmikan Jalan Tol Soreang-Pasirkoja (Soroja) pada Senin, 4 Desember 2017. Tol Soroja dibangun dengan dengan harapan membuat kawasan di Bandung Selatan berkembang pesat. Masyarakat diminta bersiap menghadapi perubahan.

"Mulai dari pertanian, hunian pemukiman, pemerintahan, wisata dan industri. Maka dengan adanya Tol Soroja masyrakat Kabupaten Bandung, bersiaplah untuk mengalami percepatan ekonomi," ujar Jokowi, di lokasi Peresmian Tol Soroja, Soreang, Kabupaten Bandung.

Sementara itu Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) mengatakan, kehadiran infrastuktur strategis mampu mengakselerasi pertumbuhan ekonomi nasional secara signifikan. Memangkas waktu tempuh dan memecah kemacetan di Tol Purbaleunyi.

"Kehadiran Jalan Tol Soroja kini menjadi urat nadi baru bagi Bandung Raya. Ini menjadi solusi kemacetan yang telah terjadi puluhan tahun," kata Aher.

Waktu tempuh dari Bandung menuju Soreang dapat ditempuh dalam 10 hingga 15 menit. Biasanya perjalanan Bandung-Soreang membutuhkan waktu satu setengah jam, Jalan tol ini akan mendatangkan dampak sosial ekonomi yang signifikan.

Peresmian ditandai dengan membunyikan sirine dan penandatanganan prasasti setelah itu Presiden Jokowi dan rombongan mencoba jalan Tol Soreang - Pasirkoja dengan panjang 10 Km, menggunakan Bus Persib


(SUR)