Pelempar Rokok ke Orang Utan Menyerahkan Diri

Roni Kurniawan    •    Jumat, 09 Mar 2018 15:35 WIB
hewan dilindungiorang utan
Pelempar Rokok ke Orang Utan Menyerahkan Diri
Suasana gelar perkara kasus pelemparan rokok ke orangutan oleh pengunjung Kebun Binatang Bandung, di Mapolrestabes Bandung, Jalan Jawa, Kota Bandung, Jumat 9 Maret 2018.

Bandung: Pelaku pelemparan rokok ke orang utan di Kebun Binatang Bandung berinisial D, 27, menyerahkan diri ke Mapolrestabes Bandung, Jalan Jawa, Kota Bandung, Kamis, 8 Maret 2018 kemarin.

Gelar perkara kasus pelemparan rokok ke orang utan dipimpin langsung oleh Kapolda Jabar Irjen Pol Agung Budi Maryoto didampingi Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Hendro Pandowo di Mapolrestabes Bandung, Jumat 9 Maret 2018.

"Kemarin saudara D datang ke Polrestabes Bandung menyerahkan diri setelah dia datang ke Kebun Binatang (Bandung) sekitar pukul 10.00 WIB," kata Agung.

Agung mengatakan, D bersama anak dan istrinya mengunjungi tempat wisata satwa tersebut pada Minggu, 4 Maret. D sempat berkeliling ke beberapa kandang untuk melihat satwa bersama anak dan istrinya.

"Pada hari Minggu pengunjung memberikan puntung rokok dengan cara dilemparkan ke orang utan. Itu puntung, karena rokok itu sudah dinyalakan dan diisap oleh D," tutur Agung.

Hal itu pun, lanjut Agung, menjadi viral di media sosial karena ada salah seorang yang merekam dan mengunggahnya. Pihak polisi pun langsung menyelidiki guna mengetahui identitas pengunjung tersebut.

"Kapolrestabes (Bandung) langsung mengecek ke Kebun Binatang Bandung, peristiwa itu terjadi benar. Lalu kami melakukan langkah-langkah penyelidikan melalui cyber, dan kita temukan yang melempar rokok berinisial D," ungkap Agung.

Kini pihak kepolisian pun masih memeriksa D yang telah dilaporkan juga oleh pihak Kebun Binatang Bandung. D terancam hukuman pidana selama tiga bulan karena telah melanggar Pasal 302 KUHP tentang penganiyaan terhadao satwa.

"Masalah ini serius, karena dulu di Taman Safari Bogor juga pelakunya diproses," tegas Agung.


(ALB)