Emil: Jadilah Pemuda yang Mencari Solusi, Bukan Memaki

Roni Kurniawan    •    Jumat, 28 Oct 2016 11:30 WIB
sumpah pemuda
Emil: Jadilah Pemuda yang Mencari Solusi, Bukan Memaki
Upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda di Plaza Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Jumat (28/10/2016). Foto: Metrotvnews.com/Roni

Metrotvnews.com, Bandung: Gelombang peringatan Hari Sumpah Pemuda menggema di Kota Bandung, Jawa Barat. Wali Kota Bandung Ridwan Kamil (Emil) mengingatkan para pemuda untuk terus berkreasi.

"Modal itulah yang menjadi syarat membawa Indonesia menjadi hebat. Apalagi Bandung memiliki lebih dari 5.000 komunitas dan ratusan organisasi kepemudaan," kata dia, di sela-sela upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda, di Plaza Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Jumat (28/10/2016).

Pada 2022 hingga 2032 Indonesia diprediksi mendapatkan bonus demografi. Akan ada 64 persen penduduk berusia 16-30 tahun yang menghuni tanah air. 

"Artinya 64 persen itu usia produktif. Itulah tahun yang menurut sejarah akan menjadi masa keemasan Indonesia," ujar Emil.

Unggul kuantitas, kata dia, juga harus dibarengi kualitas. Terlebih kemajuan teknologi terus berkembang mengikuti zaman.

"Nah, saat itu terjadi, kita persiapkan pemuda hari ini dengan membebaskan kreativitas mereka. Pemuda jangan hanya jadi konsumen, tapi harus jadi produsen," kata dia.

Ia juga tak ingin pemuda hanya bisa berkomentar tanpa menawarkan solusi. "Jadilah pemuda yang mencari solusi bukan yang memaki. Jadilah pemuda yang turun tangan, bukan yang lepas tangan. Jadi pemuda yang peduli, pemuda yang bekerja keras, pemuda yang bekerja cerdas," kata dia.

 


(UWA)