Longsor Beruntun Landa Kuningan 2 Hari Terakhir

Ahmad Rofahan    •    Kamis, 27 Oct 2016 18:16 WIB
longsor
Longsor Beruntun Landa Kuningan 2 Hari Terakhir
Salah satu rumah yang terkena longsor di di Desa Longkewang Kecamatan Ciniru, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Foto: BPBD Kuningan

Metrotvnews.com, Kuningan: Dua kali longsor terjadi di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, dua hari terakhir. Yakni, di Desa Longkewang Kecamatan Ciniru pada 25 Oktober dan di Desa Sukamulya Kecamatan Maleber pada 26 Oktober.

"Empat rumah rusak dari dua longsor itu dan menghuninya harus diungsikan," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kuningan, Agus Mauludin, saat dihubungi Metrotvnews.com, Kamis (27/10/2016).

Wilayah Kuningan masuk dalam kategori rawan longsor. BPBD Kuningan mengimbau masyarakat mewaspadai dan menghindari wilayah rawan bencana. Agus menuturkan intensitas hujan yang tinggi sejak September lalu membuat kondisi tanah labil dan mudah longsor.

Ada sekitar 34 desa di delapan kecamatan di Kabupaten Kuningan yang masuk wilayah rawan longsor. BPBD Kuningan berkoordinasi dengan pemerintah desa untuk mengantisipasi bencana.

Di Kuningan, kata Agus, longsor terparah terjadi pada 16 September di Kecamatan Subang. Enam rumah ambruk. Sementara penghuni rumah dipindahkan ke lokasi yang lebih aman.

 


(UWA)