Tawuran di Hari Sumpah Pemuda, Pelajar Kenakan Seragam Sekolah Lain

Ahmad Rofahan    •    Jumat, 28 Oct 2016 15:45 WIB
tawuran pelajar
Tawuran di Hari Sumpah Pemuda, Pelajar Kenakan Seragam Sekolah Lain
Wakasek Kesiswaan SMK Muhamadiyah, Nana Suryana, memperlihatkan seragam sekolahnya yang dipakai pelajar lain untuk tawuran. Foto: Istimewa

Metrotvnews.com, Cirebon: Peringatan ke-88 Sumpah Pemuda diperingati dengan tak patut oleh puluhan pelajar asal Cirebon, Jawa Barat. Mereka melakukan tawuran dengan mengenakan seragam sekolah lain.

Tawuran berlangsung di Jalan Brigjen Darsono By Pass pukul 13.00 WIB, Jumat 28 Oktober 2016. Para pelajar berlarian sambil membawa kayu dan gir motor. Diduga, mereka adalah pelajar salah satu sekolah menegah kejuruan (SMK).

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMK Muhamadiyah Kedawung Cirebon, Nana Suryana, mengaku kaget saat melihat ada siswanya yang ikut ditangkap polisi usai tawuran. Setelah dia temui, ternyata itu bukan siswanya, melainkan siswa sekolah lain yang memakai seragam sekolahnya.

“Tadi seragam dan celananya saya minta. Soalnya ini identik milik siswa SMK Muhamadiyah, padahal mereka bukan siswa kami,” kata Nana, di Cirebon, Jumat (28/10/2016).

Tawuran dengan modus menggunakan seragam sekolah ini membuat SMK Muhamadiyah kerap didatangi warga yang mengaku menjadi korban tawuran. Seperti, meminta ganti rugi mobil yang rusak.

“Padahal, batik yang saya amankan ini sudah tidak digunakan sejak 2013. Sedangkan baju praktik ini dilarang digunakan di luar sekolah," kata Nana sambil memperlihatkan seragam.

Nana tidak tahu dari mana mereka bisa mendapatkan seragam sekolahnya.

Tercatat ada lima pelajar yang menggunakan seragam sekolah lain saat bertawuran. Selain seragam SMK Muhamadiyah, seragam SMK Nusantara Weru Cirebon juga jadi sasaran.

Seorang pelajar mengaku bukan siswa SMK Nusantara walaupun dia mengenakan seragam sekolah itu. “Saya bukan siswa SMK Nusantara,” kata dia, tanpa mau menyebutkan nama. Siswa itu tak menjawab saat ditanya dari mana dia mendapatkan seragam.


(UWA)