Isap Ganja, 12 Anggota The Jak Mania Ditahan Polres Bogor

Mulvi Muhammad Noor    •    Sabtu, 15 Oct 2016 16:10 WIB
persija
Isap Ganja, 12 Anggota The Jak Mania Ditahan Polres Bogor
Polisi berpakaian preman memeriksa kendaraan yang rusak diamuk massa The Jak Mania di Jalan Raya Bogor, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat malam (14/10/2016). Foto: Antara/Yulius Satria Wijaya

Metrotvnews.com, Bogor: Kedatangan suporter Persija, The Jak Mania, saat menonton pertandingan timnya di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat 14 Oktober 2016 tidak hanya menyisakan cerita kerusuhan. Sebanyak 12 anggotanya berurusan dengan polisi karena terbukti membawa dan mengisap ganja. 

Kepala Kepolisian Resor Bogor, AKBP AM Dicky Pastika, mengatakan mereka berasal dari kendaraan Suzuki APV silver bernopol B 1525 GMC yang dihentikan warga di simpang alternatif Sentul. Mereka sempat terlibat bentrok dengan warga setelah memprovokasi lewat jendela mobil. 

"Setelah digeledah, kami menemukan lima linting ganja. Kemudian kita tes urine dan hasilnya positif," kata Dicky kepada Metrotvnews.com di Pos Polisi Gadong, Sabtu (15/10/2016). 

Kendati tidak menemukan atribut Persija, polisi sudah memastikan ke-12 orang yang ditahan merupakan anggota The Jak Mania. Itu diketahui dari pengakuan dan kartu keanggotaan.

"Kita tanya dan cek KTP-nya juga bukan orang Bogor. Pelat mobilnya B," kata Dicky.


?Kapolres Bogor, AKBP Andi Mohammad Dicky Pastika Foto: Metrotvnews.com/Mulvi

Kepolisian menyayangkan tidak adanya koordinasi pengurus The Jak Mania terkait kedatangan anggotanya ke Stadion Pakansari. Dengan jumlah sekitar 25.000 orang, mereka datang secara sporadis sambil memprovokasi dan memicu kemarahan warga yang notabene pendukung Persib dan Persikabo. 

Dicky mengatakan usai kejadian dirinya tidak menerima koordinasi dari pengurus The Jak Mania. Polisi pun kebingungan untuk memulai komunikasi karena tidak jelasnya kepengurusan The Jak Mania.

"Belum jelas juga siapa pengurusnya, sejak kejadian beberapa waktu lalu di GBK, tidak jelas lagi siapa pengurus atau koordinatornya," kata dia.

Kerusuhan ini menyebabkan sejumlah kendaraan operasional polisi rusak. Sejumlah anggota polisi juga mengalami luka karena terkena lemparan batu serta pecahan kaca mobil. 

Tindak The Jak Mania ini menyasar warga di sekitaran jalan menuju Jalan Pakansari. Mereka merusak sejumlah rumah warga, minimarket, dan rumah makan. Polisi belum menghitung kerugian akibat kerusuhan ini. 

"Yang jelas beberapa kendaraan polisi rusak dan sejumlah anggota mengalami luka ringan," kata dia.


(UWA)