Awal September, Bandara Kertajati Buka Penerbangan ke Jepang dan China

Ahmad Rofahan    •    Selasa, 14 Aug 2018 16:29 WIB
bandarapenerbangan
Awal September, Bandara Kertajati Buka Penerbangan ke Jepang dan China
Direktur Utama Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB), Virda Dimas Ekaputra saat menghadiri dialog di Kantor Perwakilan Bank Indonesia, Selasa, 14 Agustus 2018. Medcom.id/ Ahmad Rofahan.

Cirebon: Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, akan membuka rute penerbangan internasional pada awal September nanti. Dua negara yang akan menjadi tujuannya yaitu Jepang dan China. 

"Kalau maskapainya masih rahasia. Tapi targetnya awal September ini," kata Direktur Utama BIJB, Virda Dimas Ekaputra saat menghadiri dialog di Kantor Perwakilan Bank Indonesia, Selasa, 14 Agustus 2018. 

Virda menjelaskan, tingkat okupansi penumpang dalam penerbangan di Bandara Kertajati sudah mencapai 60 persen. Menurut Virda, pihaknya akan terus mensosialisasikan lagi keberadaan BIJB dan sejumlah penerbangan yang tersedia  kepada masyarakat.

"Kita memang masih perlu meningkatkan sosialisasi lagi di masyarakat," ujar Virda.

Dari data yang dimiliki BIJB, sejumlah penumpang yang memanfaatkan keberadaan BIJB masih didominasi oleh warga lokal, yang berada di kota dan kabupaten yang berdekatan dengan Majalengka. Warga Majalengka, menjadi yang tertinggi yang menggunakan pesawat udara dari BIJB sebagai moda transportasinya.

"Majalengka 38 persen, Cirebon 22 persen, Indramayu 20 persen. Sedangkan sisanya dari daerah sekitar lainnya," ungkap Virda.


(DEN)