Ridwan Kamil Dukung Sistem Ganjil-Genap saat Mudik

Roni Kurniawan    •    Jumat, 20 Apr 2018 23:01 WIB
sistem ganjil genap
Ridwan Kamil Dukung Sistem Ganjil-Genap saat Mudik
Suasana Gerbang Tol Bekasi Timur 2, Selasa, 13 Maret 2018, Medcom.id - Antonio

Bekasi: Calon Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mendukung penuh rencana Dinas Perhubungan Jawa Barat untuk menerapkan sistem ganjil genap plat nomor kendaraan pada saat arus mudik Lebaran 2018. Hal itu diakui calon nomor urut 1 di Pilgub Jabar 2018 ini sebagai salah satu inovasi untuk mengurai kemaceta disaat arus mudik atau balik Lebaran.

Menurut pria yang akrab disapa Emil, inovasi ganjil genap harus coba dilakukan di Jawa Barat terutama pada saat arus mudik Lebaran. Pasalnya arus lalu lintas kendaraan di Jabar setiap tahunnya terus meningkat bahkan mengakibat kemacetan yang panjang dan lama.

"Ya pada dasarnya apapun ivonasi yang terkait memperlancar saya selalu dukung, rencana ganjil genap ini bisa maksimalkan kelancaran tentunya saya dukung penuh ya," kata Emil saat di temui di Kampung Cakung, Kota Bekasi, Kamis 19 April 2018.

Penerapan ganjil genap pun diakui Emil akan berhasil di Jabar. Terlebih hal itu telah dilakukan di Jakarta di beberapa ruas tol dan cukup mengurai kemacetan pada saat jam sibuk pagi dan sore hari.

"Tidak ada yang tidak mungkin, karena berhasil di Kakarta, bukan tidak mungkin berhasil juga diterapkan di Jawa Barat," tuturnya 

Namun Emil menyarankan agar Dishub Jabar untuk gencar melakukan sosialisasi terhadap masyarakat terutama waktu penerapan. Hal itu agar masyarakat tidak kebingunan saat aturan ganjil genap diterapkan saat mudik.

"Sosialisasinya harus jauh hari dilakukan, supaya mereka mereka yang plat nomornya ganjil genap harus menyesuaikan rencana kepulangan tidak bersamaan," pungkas Emil.



(RRN)