Soft Opening BIJB Direncanakan Pertengahan Mei 2018

Octavianus Dwi Sutrisno    •    Kamis, 05 Apr 2018 10:18 WIB
infrastrukturbandara
<i>Soft Opening</i> BIJB Direncanakan Pertengahan Mei 2018
Progres pembangunan BIJB. (ANT/Raisan Al Farisi )

Majalengka: Progres pembangunan Bandara Internasional Jawa Barat, Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, telah mencapai 92 persen. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi merencanakan pengenalan melalui soft opening pada pertengahan Mei 2018.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan BIJB kelak menjadi percontohan untuk pembangunan infrastruktur di provinsi lain seperti Jawa Timur, Sumatera Utara, dan pemerintah daerah lainnya yang memiliki kondisi keuangan bagus. 

"Mestinya mereka (pemda berfinansial besar)  berani menginisiasi ini (bandara), menjadi satu tema pendanaan yang saya apresiasi sekali. Apalagi setelah didanai dengan baik nyatanya bangunannya juga bagus," ujarnya saat meninjau BIJB, Rabu 4 April 2018. 

Budi mengapresiasi kolaborasi antara Pemprov Jabar, PT Angkasa Pura II, dan pihak kontraktor dalam membangun BIJB.  Dia mengaku selalu mengikuti setiap progres pembanguan BIJB yang didanai bersama oleh pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan swasta. 

"Bandara ini sebagai satu contoh, dari kesungguhan pemerintah daerah yang mempunyai satu mimpi memiliki bandara dengan masa depan yang besar," bebernya.

Targetnya, kata Budi, pengerjaan bandara rampung pada Jun 2018. Sehingga bandara bisa digunakan pada mudik Lebaran 2018.

"Kita akan undang presiden ke sini, untuk melakukan pembukaan bandara," terangnya.


(LDS)