Pemkot Bandung Siapkan Apartemen bagi Veteran

Roni Kurniawan    •    Minggu, 20 Aug 2017 16:46 WIB
hari veteran
Pemkot Bandung Siapkan Apartemen bagi Veteran
VEteran di Bandung saat puncak peringatan Hari Veteran Nasional di Plaza Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Bandung, Jawa Barat -- MTVN/Roni Kurniawan

Metrotvnews.com, Bandung: Pemerintah Kota Bandung mencanangkan sejumlah program demi mensejahterakan veteran. Hal ini sebagai wujud nyata penghargaan kepada mantan pejuang yang telah mempertaruhkan nyawa demi kemerdekaan Republik Indonesia.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Pemberdayaan Masyarakat (DP3APM) Kota Bandung Dedi Sopandi mengatakan, Bandung adalah kota yang ramah bagi para pejuang. Saat ini, Pemkot Bandung tengah menyiapkan apartemen bagi veteran yang belum memiliki tempat tinggal tetap.

"Kita juga telah mengusahakan di Distaru (Dinas Tata Ruang) agar mendahulukan veteran dan lansia," kata Dedi usai acara puncak peringatan Hari Veteran Nasional di Plaza Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Bandung, Jawa Barat, Minggu 20 Agustus 2017.

Pemkot Bandung pun telah melakukan rehab rumah sejumlah veteran agar lebih layak huni. Saat ini, ada 1.140 veteran di Bandung yang harus mendapatkan perhatian dari pemkot.

Menurut Dedi, kesejahteraan para veteran telah tertuang dalam Susunan Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) Pemkot Bandung pada 2017. Hal tersebut sekaligus mendasari berdirinya Bidang Lansia di bawah DP3APM yang di dalamnya termasuk mengurus para veteran.

"Sebuah kota dan sebuah sebuah negara tidak bisa maju jika tidak menghargai orang tua dan pahlawannya," pungkasnya.
(NIN)