Pilgub Jabar 2018

NasDem Sarankan Golkar Wujudkan Komitmen kepada Emil

Roni Kurniawan    •    Senin, 18 Sep 2017 15:19 WIB
pilkada 2018
NasDem Sarankan Golkar Wujudkan Komitmen kepada Emil
Emil dalam deklarasi dirinya maju di Pilgub Jabar dan diusung Partai NasDem, MTVN - Roni Kurniawan

Metrotvnews.com, Bandung: Ketua DPW Partai NasDem Jawa Barat Saan Mustopa mengaku mendapat informasi mengenai pernyataan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Golkar terkait Ridwan Kamil atau Emil dalam Pemilihan Gubernur Jabar 2018. Saan pun meminta Golkar mewujudkan dukungan itu dalam sebuah tindakan politik.

"Kalau Golkar tertarik, segera wujudkan dalam sebuah tindakan politik yaitu dalam bentuk keputusan untuk mendukung Ridwan Kamil. Ya minimal keputusan rekomendasi itu bisa dikeluarkan (Golkar)," kata Saan di Kota Bandung, Jabar, Senin 18 September 2017.

Beberapa waktu lalu, Idrus memberi sinyal mendukung Emil dalam Pilgub Jabar. Idrus beralasan Emil menduduki posisi puncak di beberapa survei.

Saan menyambut baik pernyataan Idrus. Bila Golkar bergabung, kata Saan, Emil akan semakin kuat dan bagus untuk membawa Jabar lebih baik.

Meski demikian, Saan menghormati prosedur di internal Golkar. Terlebih, Golkar Jabar memiliki kader, Dedi Mulyadi, yang menyatakan siap maju dalam Pilgub 2018.

Saan mengaku berkomunikasi dengan Golkar terkait Pilgub. Namun NasDem tak bisa memaksa Golkar untuk menentukan piliham.

"Kami masih mencair. Kami juga belum deklarasi koalisi," pungkas Saan.

Emil mendapat dukungan dari NasDem dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). NasDem memiliki 5 kursi di DPRD Jabar. Sedangkan PKB menduduki 7 kursi.

Artinya, Emil mengantongi 12 kursi untuk maju dalam Pilgub Jabar. Emil membutuhkan minimal 8 kursi sesuai dengan aturan KPU. Sementara Golkar memiliki 12 kursi.


(RRN)