Polisi Selidiki Keracunan Ratusan Siswa di Depok

Octavianus Dwi Sutrisno    •    Kamis, 18 Oct 2018 23:24 WIB
keracunan
Polisi Selidiki Keracunan Ratusan Siswa di Depok
Mapolresta Depok memeriksa toren air di SD Islam Terpadu Pondok Duta, Depok, Jawa Barat. Medcom.id/Octavianus Dwi Sutrisno

Depok: Kepolisian Resort Kota Depok menyelidiki kasus siswa keracunan massal di Sekolah Dasar Islam Terpadu Pondok Duta, Depok, Jawa Barat. Petugas mengolah tempat kejadian perkara (TKP) dan mengumpulkan informasi dari berbagai pihak di lingkungan sekolah.

"Kami cek langsung mengenai kebenaran hal tersebut (keracunan), setelah olah TKP ini kami dapat banyak data dari pihak sekolah, yayasan sehingga nanti menjadi bahan untuk kami pelajari," ucap Kasubag Humas Polresta Depok, Ajun Komisaris Polisi Firdaus, Kamis, 18 Oktober 2018.

Pihaknya juga menyelidiki kemungkinan pidana dalam kasus tersebut. Polisi tidak menutup kemungkinan ada pelanggaran aturan lingkungan hidup yang menyebabkan ratusan siswa sakit.

"Ya kita teliti dulu apakah ada masalah dalam hal lingkungan hidup. Kemudian pengelolaan sampahnya. Ini semua masih kami tindak lanjuti," bebernya.

Firdaus menyebut dugaan penyebab keracunan siswa di sekolah dasar tersebut sudah diketahui. Namun, pihaknya belum bisa membeberkan secara jelas kepada publik.

"Dari data yang kami kumpulkan ada 156 siswa yang mengalami keracunan per tanggal 2 hingga 11 Oktober," paparnya.

Lurah Tugu Abdul Mutholib mengatakan kejadian di SD Swasta Islam Pondok Duta terjadi. Insiden tersebut seharusnya menjadi sebuah pelajaran bagi pihak yayasan untuk membenahi fasilitas yang ada di sekolah.

"Ya ini pembelajaran juga bagi pihak sekolah, terutama mengenai kebersihan agar tidak terjadi lagi masalah seperti ini," pungkasnya.


(SUR)