Perjalanan Kereta Natal dan Tahun Baru Akan Dikawal

Ahmad Rofahan    •    Rabu, 19 Dec 2018 14:34 WIB
natal dan tahun baru
Perjalanan Kereta Natal dan Tahun Baru Akan Dikawal
Petugas keamanan di Daop 3 Cirebon, Jawa Barat akan melakukan patroli ke seluruh area berkumpulnya penumpang, Rabu, 19 Desemebr 2018. Medcom.id/ Ahmad Rofahan.

Cirebon: Sebanyak 432 petugas gabungan bakal disiagakan untuk memberikan rasa aman bagi perjalanan kereta dalam masa angkutan Natal dan Tahun aru (Nataru) di Daop 3 Cirebon, Jawa Barat. Jumlah petugas tersebut merupakan gabungan dari personel internal KAI dan petugas eksternal dari Polri serta TNI.

"Dari internal KAI ada 352 petugas, sedangkan untuk TNI Polri ada 80 petugas," kata Vice President Daop 3 Cirebon, Ida Hidayati, saat dikonfirmasi, Rabu, 19 Desember 2018.

Sejumlah personel keamanan tersebut nentinya ditugaskan untuk memastikan keamanan dan kenyamanan penumpang, baik di kereta, stasiun maupun perjalanan. Oleh karena, sejumlah petugas juga nantinya akan melakukan patroli di jalur.

"Petugas juga disiagakan di tempat-tempat penting lainnya, seperti Dipo lokomotif," ungkap Ida.

Untuk mendeteksi adanya ganggguan keamanan, dua anjing pelacak dari K9 Polda Jabar juga akan disiagakan di Stasiun Cirebon. Walaupun selama ini tidak pernah diketemukan adanya gangguan kemanan, namun kehadiran K9 diharap bisa antisipasi kejahatan.

"Semoga saja tidak ada apa-apa," ujar Ida.

Selama masa angkutan Nataru, seluruh karyawan Daop 3 Cirebon tidak diperbolehkan untuk melakukan cuti kerja. Oleh karena itu, Ida memastikan, bahwa sejumlah persiapan untuk pelaksanaan masa angkutan Nataru, sudah disiapkan dengan baik oleh pihak Daop 3 Cirebon.

"Untuk keamanan, pelayanan dan ketersediaan sarana sudah semua diantisipasi," pungkas Ida.


(DEN)