Natal dan Tahun Baru

Permintaan Bahan Pangan Diprediksi Naik 100 Persen

Roni Kurniawan    •    Selasa, 18 Dec 2018 10:20 WIB
perayaan natal dan tahun baru
Permintaan Bahan Pangan Diprediksi Naik 100 Persen
Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana (tengah) dan Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Elly Wasliah (kanan) mengecek ketersediaan dan harga beras di Pasar Astana Anyar, Kota Bandung, Selasa 18 Desember 2018

Bandung: Pemerintah Kota Bandung, Jawa Barat, memastikan persediaan bahan pangan aman untuk menyambut hari Natal 2018 dan Tahun Baru 2019. Pasalnya permitaan dari masyarakat diprediksi akan meningkat sebanyak 50 hingga 100 persen dibandingkan hari biasa.

Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulaya meninjau langsung ketersediaan bahan pangan salah satunya di Pasar Astana Anyar, Jalan Astana Anyar, Selasa 18 Desember 2018. Yana mengaku, hingga kini persediaan bahan pangan yang ada di pedagang masih aman dan terkendali.

"Insyaallah teman-teman dari dinas dan bulog siap untuk persediaan. Kita jaga soal stok dan harga, Kalau ada gejolak atau kekurangan stok kita cek dan siap mensuplai," ujar Yana di Pasar Astana Anyar.

Sementara itu Kepala Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Bandung Elly Wasliah menuturkan, ketersediaan bahan pangan di Kota Bandung masih bisa terkendali. Pasalnya pasokan bahan pangan dari beberapa daerah seperti Ciamis dan Tasikmalaya untuk daging ayam hingga kini masih relatif lancar kepada para pedagang.

"Daging ayam dari Ciamis, Tasikmalaya dari Priangar Timur. Telur dari Blitar, beras dari Pantura. Jadi sampai sekarang masih aman," kata Elly ditempat yang sama.

Namun Elly mengaku permintaan masyarakat untuk bahan pangan akan meningkat menjelang hari Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 nanti. Terlebih, lanjunya, Bandung merupakan kota kuliner yang kerap menjadi magnet bagi wisatawan untuk menghabiskan hari libur di Natal dan Tahun Baru.

"Karena Kota Bandung sebagai kota kuliner akan diserbu oleh wisatawan, sehingga stok harus ditingkatkan. Berdasarkan tahun kemarin, permintaan masyarakat untuk bahan pangan meningkat 50 sampai 100 persen," ungkap Elly.

Selain itu, Pemkot Bandung serta Satgas Pangan pun mengantisipasi adanya penimbunan bahan pangan menjelang Natal dan Tahun Baru nanti. Pasalnya penimbunan tersebut akan menjadi salah satu pemicu meningkatnya berbagai harga pangan.

"Kita selalu lapor untuk stok dan harga pangan di Kota Bandung, artinya kalau memang ada pelanggaran kita akan tindak. Sejauh ini belum ada penimbungan, mudah-mudahan tidak ada, kita akan pantau setiap hari," tegas Ketua Satgas Pangan Kota Bandung, AKBP Muhammad Rivai.


(RRN)