Sukabumi Bangun Trotoar Khusus Penyandang Disabilitas

Antara    •    Kamis, 10 Jan 2019 10:59 WIB
disabilitastrotoar
Sukabumi Bangun Trotoar Khusus Penyandang Disabilitas
Ilustrasi iga orang penyandang disabilitas melewati Portal S di Trotoar depan RSCM Jalan Diponegoro, Jakarta, Sabtu (28/5). ANTARA FOTO/Widodo S Jusuf.

Sukabumi: Pemerintah Kota Sukabumi, Jawa Barat, membangun trotoar khusus untuk penyandang disabilitas, khususnya tunanetra di beberapa lokasi. Trotoar khusus tersebut diharapkan mempermudah penyandang disabilitas dalam berjalan kaki.

"Kami sudah sosialisasikan penggunaan dan fungsi trotoar kepada masyarakat serta membangun trotoar khusus untuk penyandang disabilitas seperti di Jalan R Syamsudin SH, Siliwangi dan RE Martadinata," kata Wakil Wali Kota Sukabumi Andri S Hamami di Sukabumi, Jawa Barat, Rabu, 10 Januari 2019.

Andri menjelaskan, pembangunan trotoar ini untuk mengembalikan fungsi trotoar bagi pejalan kaki dan mengajak masyarakat untuk peduli kepada para penyandang disabilitas dalam penggunaan trotoar.

Andri mengatakan, pembangunan trotoar di ruas-ruas jalan di Kota Sukabumi saat ini sudah bisa digunakan sesuai fungsinya. Beberapa perbaikan yang masih berlangsung adalah penyempurnaan dari pembangunan trotoar yang humanis untuk memberikan kenyamanan bagi masyarakat, termasuk bagi kaum difabel.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Kota Sukabumi Abdulrahman menambahkan selama 2018 Pemkot Sukabumi sudah merevitalisasi trotoar di lima ruas jalan yakni jalan Suryakencana, R Syamsudin SH, Siliwangi, RE Martadinata dan jalan Gudang.

Trotoar yang baru dibangun ini selain diperbaiki saluran drainase juga dilengkapi dengan jalur khusus bagi para pejalan kaki dari kaum difabel.
Hal ini adalah sebagai wujud kepedulian pemerintah bagi para penyandang disabilitas agar mereka mendapatkan haknya dalam menikmati pembangunan.

"Untuk ruas jalan lainnya, secara bertahap akan kami revitalisasi mulai awal tahun ini," ungkap Abdulrahman


(DEN)