Rancaekek Bandung dan Karawang Dilanda Puting Beliung

Antara, Cikwan Suwandi    •    Jumat, 11 Jan 2019 17:56 WIB
puting beliung
Rancaekek Bandung dan Karawang Dilanda Puting Beliung
Ilustrasi angin puting beliung, Medcom.id - M Rizal

Bandung: Angin puting beliung melanda kawasan Rancaekek, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, pada Jumat sore, 11 Januari 2019. Angin merusak beberapa rumah dan emnerbangkan atap.

Kepala Stasiun BMKG Bandung Toni Sukma Wijaya mengatakan awan Comulonimbus meliputi wilayah Bandung bagian timur. Angin kencang menyertai kondisi cuaca tersebut.

"Usahakan tidak keluar rumah saat hujan deras disertai angin kencang, petir atau kilat. Bagi pengendara motor agar menghindari genangan air dan tidak berteduh di bawah pohon saat hujan lebat disertai angin," kata Toni di Bandung.

Sementara itu, Humas Basarnas Bandung, Joshua Banjarnahor mengatakan pihaknya akan terjun ke lokasi untuk memastikan tidak ada korban jiwa. "Kantor SAR Bandung menerjunkan pasukannya. Bila ada korban kami siap mengevakuasi warga ke lokasi lebih aman," kata dia.

Puting beliung juga meluluhlantakkan puluhan rumah di Karawang. Pusaran angin muncul saat langit tampak gelap karena tertutup awan Comulonimbus.

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Karawang Anyang Saehudin mengatakan kejadian angin puting beliung itu terjadi di Desa Muktijaya, Kecamatan Cilamaya Kulon. Angin muncul dengan kencang sekitar Pukul 12.00 WIB.

"Saat ini kita masih melakukan pendataan," kata Anyang.

BPBD Karawang mendata 35 rumah rusak. Kerusakan terjadi pada atap rumah.

"Sejauh ini tidak ada korban jiwa. Hanya ada satu orang yang mengalami ruka ringan. Atas nama Ilik,70,saat ini sudah dibawa ke klinik terdekat," katanya.


(RRN)