Novanto Ditempatkan di Blok Utara Sukamiskin

Roni Kurniawan    •    Jumat, 04 May 2018 13:37 WIB
korupsi e-ktpsetya novanto
Novanto Ditempatkan di Blok Utara Sukamiskin
Setya Novanto. (AFP/RICKY PRAKOSO)

Bandung: Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Sukamiskin Bandung telah menerima informasi pemindahan terpidana kasus korupsi proyek pengadaan kartu tanda penduduk berbasis elektronik (KTP-el), Setya Novanto (Setnov) ke Lapas Sukamiskin, Arcamanik, Bandung, Jawa Barat, oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jumat, 4 Mei 2018 siang. 

"Tadi kami telepon KPK bahwa Setnov nanti dari Jakarta setelah Jumatan. Jadi kurang lebih jam satu siang meluncur dari Jakarta menuju Lapas Sukamiskin," kata 
Kabid Administrasi Keamanan dan Ketertiban (Kamtib) Lapas Sukamiskin, Slamet Widodo, saat dihubungi. 

Baca: KPK Jebloskan Novanto ke Lapas Sukamiskin

Pihak lapas sudah menyiapkan tempat untuk Setnov di blok utara. Setnov akan dimasukkan ke ruangan administrasi orientasi lebih dulu untuk proses pemindahan dari KPK ke Sukamiskin.

"Khusus Tipikor (Tindak Pidana Korupsi) maupun Pidum (Pidana Umum) yang divonis masuk semuanya sama ditempatkan di admistrasi orientasi," ungkapnya.

Lapas Sukamiskin tidak melakukan persiapan khusus untuk menerima tersangka kasus korusp KTP berbasis elektronik tersebut.

"Berjalan seperti biasa seperti halnya setiap hari dari KPK mengirim warga binaan ke Lapas Kelas 1 Sukamiskin," ujarnya.

Sementara itu, Lapas Kelas 1 Sukamiskin Bandung saat ini memikiki kapasitas 552 kamar yang sekarang diisi oleh 440 tindak pidana korupsi (Tipikor) serta 78 orang tindak pidana umum.

"Kita melakukan dulu pembinaan biasanya selama enam hari atau kita bisa perpanjang enam hari kemudian," kata dia.

Baca: Novanto Siap Huni Lapas Sukamiskin
 


(LDS)