Stok Ayam untuk Pedangang Dijatah

Antonio    •    Senin, 23 Jul 2018 19:20 WIB
harga ayam mahalharga ayam
Stok Ayam untuk Pedangang Dijatah
Pedagang ayam potong di Bekasi. (Antonio)

Bekasi: Harga ayam potong di Pasar Baru, Kota Bekasi, Jawa Barat, merangkak naik. Kenaikan harga ayam di pasar tersebut terjadi setelah Ramadan. Pedagang ayam potong mengaku, kenaikan harga berdampak ke pasokan ayam yang diterima.

"Biasanya mendapat 1.000 ekor, saat ini hanya 500 ekor setiap hari. Satu ekor dijual Rp40 ribu," kata pedagang ayam potong di Kota Bekasi, Epong, 24, di Bekasi, Jawa Barat. 

Dia menuturkan, dari 500 stok yang diterima hanya sekitar 250 ekor yang terjual. Sedangkan, Epong mangaku, stok ayamnya selalu habis setiap hari sebelum kenaikan harga terjadi. 

"Kalau enggak laku lebih baik jual modal, daripada langganan kita berhenti. Banyak keluhan, ada yang berhenti karena harganya naik," ujarnya.

Salah satu pedagang soto ayam di Kota Bekasi, Ari, 32, mengatakan, kenaikan harga berdampak pada usahanya. Keuntungannya makin menipis, karena biaya produksi meningkat.

"Kita jualan dengan harga yang sama, soalnya menjaga pelanggan juga. Jadi kita enggak bisa naikin," kata dia di Bekasi, Senin 23 Juli 2018.

Sementara itu Pemerintah Kota Bekasi berencana malakukan operasi pasar untuk mengatasi naiknya harga ayam. Pemkot Kota Bekasi masih menunggu instruksi pemerintah pusat. 

"Kita sedang menunggu kabar dari kementrian perdagangan," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Bekasi, Makbulah.



(LDS)