Kerugian Kebakaran Pasar Gedebage Rp5,5 Miliar

Roni Kurniawan    •    Senin, 16 Jul 2018 12:26 WIB
kebakaran pasar
Kerugian Kebakaran Pasar Gedebage Rp5,5 Miliar
Pasar Gedebage terbakar, Minggu 15 Juli 2018.

Bandung: Perusahaan Daerah (PD) Pasar Bandung Bermartabat mendata kerugian kebakaran di Pasar Gedebage, Kota Bandung mencapai Rp5,5 miliar. Pasar itu terbakar pada Minggu, 15 Juli 2018 dengan menhanguskan 116 lapak pedagang.

Direktur Utama PD Pasar Bandung Bermartabat, Ervan Maksum mengatakan jumlah kerugian tersebut baru terdata dari 23 pedagang yang tokonya ludes terbakar. Bahkan Ervan menilai jumlah kerugian akan terus bertambah karena 116 lapak pedagang telah hangus.

"Kemarin baru 23 pedagang saja udah Rp5,5 miliar, itu belum semuanya. Itu dari materi barang dagangannya," ujar Ervan saat dihubungi Medcom.id via telepon selular, Senin 16 Juli 2018.

Ervan mengaku, kewenangan Pasar Gedebage berada di tangan perusahaan swasta selaku pengelola. Hal itu pun yang membuat PD Pasar tidak bisa mengambil keputusan untuk masa depan para pegandang yang lapaknya terbakar.

"Ada 116 lapak yang terbakar di blok 3, 4 dan 5 itu dibawah pengelolaan PT Ginanjar, bukan PD Pasar Bandung," cetus Ervan.

Namun Ervan mengaku pihaknya akan berusaha mengakomodasi terutama membuka posko layanan pengaduan bagi pedagang terutama untuk pendataan.

"Kita juga siapkan pos pengaduan, silahkan datang kita akan data. Tapi untuk sekarang baru terdata 23 pedagang yang mengalami kerugian," tuturnya.

Ia memprediksi jumlah kerugian akan mencapai puluhan miliar, mengingat jumlah lapak pedagang yang terbakar sebanyak 116. "Ini pasti diprediksi akan bertambah, tapi kita juga masih mendata," pungkasnya.




(ALB)