1.700 Hektare Lahan Pertanian di Bekasi Kekeringan

Antonio    •    Selasa, 11 Sep 2018 10:24 WIB
kemarau dan kekeringan
1.700 Hektare Lahan Pertanian di Bekasi Kekeringan
Kondisi Lahan Pertanian di Kecamatan Tambelang, Kabupaten Bekasi. Medcom.id/Antonio

Bekasi: Sekitar 1.700 hektare lahan pertanian di Kabupaten Bekasi kekeringan. Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Bekasi, Kardin, menyebut kekeringan terjadi karena Talang Air Rawa Lele di Cibitung yang menjadi sumber lahan pertanian di empat kecamatan mengalami longsor.

Dewan telah berkomunikasi dengan Perum Jasa Tirta (PJT) II untuk perbaikan talang air tersebut. Karena, PJT II merupakan operator pengerjaan Talang Air Rawa Lele.

"Untuk sementara pakai tiga diesel (alat penyedot air) untuk mengaliri sawah kurang lebih 1.700 hektar diesel air ada empat buah. Di Tambelang, Sukatani, Sukakarya, Cibitung," katanya saat dihubungi, Senin, 10 September 2018.

Alat penyedot air itu ditempatkan di sumber air dan dialiri ke lahan pertanian yang mengalami kekeringan. Namun, dia mengakui masih ada lahan pertanian yang masih kekeringan karena keterbatasan alat penyedot air.

"Sudah mulai per hari Kamis minggu kemarin. Belum merata (wilayah teraliri air),” ujarnya.

Ada dua solusi yang dipersiapkan pemerintahan Kabupaten Bekasi. Pertama, membuat talang baja di lokasi Talang Air yang rusak. Kedua, memperbaiki Talang Air Rawa Lele.


 


(SUR)