Mulai Pekan Depan, Warga Bandung Bertransaksi dengan Smart Card

Roni Kurniawan    •    Kamis, 09 Aug 2018 15:24 WIB
transaksi non tunai
Mulai Pekan Depan, Warga Bandung Bertransaksi dengan <i>Smart Card</i>
Warga menunjukkan Bandung Smart Card sebagai alat pembayaran nontunai, Kamis, 9 Agustus 2018, Medcom.id - Roni Kurniawan

Bandung: Pemerintah Kota Bandung, Jawa Barat, menggalakkan gerakan nontunai dengan menghadirkan kartu Bandung Smart Card. Warga dapat memanfaatkan kartu itu mulai pekan depan.

Kepala Bidang Persandian Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kota Bandung, Srie Dhiandini, mengatakan kartu tersebut menjadi alat pembayaran nontunai. Warga dapat menggunakannya untuk berbelanja dan transaksi lain.

"Jadi, warga tak perlu lagi bertransaksi secara tunai," ujar Srie di Taman Sejarah Kota Bandung di Jalan Aceh, Kamis, 9 Agustus 2018.

Srie mengatakan delapan bank bekerja sama untuk menyediakan kartu tersebut. Peresmian kerja sama akan dilakukan pada pekan depan melalui penandatanganan kesepakatan antara Pemkot Bandung dengan Bank Indonesia dan sejumlah bank swasta.

Kepala Tim Pengawasan Sistem Pembayaran, Pengelolaan Uang Rupiah dan Keuangan Inklusi Kantor Wilayah Bank Indonesia Jawa Barat, Hermawan menuturkan, terdapat dua jenis kartu. Yang pertama, kartu yang tidak teregister. Saldo dalam kartu itu dibatasi hanya Rp2 juta.

"Kartu ini tidak memiliki tingkat keamanan yang tinggi. Bila kartu hilang, saldo dalam kartu tidak bisa dikembalikan atau dipindahkan," ungkap Hermawan.

Satu jenis kartu lain mewajibkan pemilknya melakukan register. Saldo dalam kartu itu bisa mencapai Rp10 juta. Keuntungannya, kartu hilang, saldo aman. Sebab, transaksi dengan kartu tersebut dapat diblokir seperti kartu debit maupun kredit.

"Jadi nanti bisa diganti kartunya dan saldonya dipindahkan," bebernya.

Untuk mendapatkan kartu, lanjut Hermawan, warga dapat mendatangi delapan bank yang bekerja sama dengan Pemkot Bandung dan BI. Warga bisa mendapatkan kartu tersebut pada 13 Agustus 2018.

"Setelah diresmikan nanti, silahkan warga untuk segera memiliki Bandung Smart Card sebagai kebanggaan warga Bandung untuk transaksi nontunai," pungkasnya.


(RRN)