Ratusan Kiai Cianjur Dukung Emil Maju ke Pilgub Jabar

Roni Kurniawan    •    Sabtu, 23 Sep 2017 08:54 WIB
pilgub jabar 2018
Ratusan Kiai Cianjur Dukung Emil Maju ke Pilgub Jabar
Deklarasi dukungan kiai Cianjur untuk Ridwan Kamil dalam Pilkada Jawa Barat 2018. (FotoMTVN/Roni Kurniawan).

Metrotvnews.com, Bandung: Wali Kota Bandung Ridwan Kamil kembali mendapat dukungan untuk maju menjadi calon gubernur Jawa Barat pada Pilkada serentak 2018 nanti. Kali ini, dukungan tersebut berasal dari ratusan kiai yang berada di Kabupaten Cianjur. Mereka mendeklarasikan dukungan pada Jumat malam 22 September 2017.

Deklarasi tersebut disampaikan langsung oleh mantan Bupati Cianjur Tjetjep Muchtar di kediamannya, kawasan Jalan KH. R. Abdullah Bin Nuh No. 109, Sawah Gede, Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur usai acara peresmian masjid di kawasan tersebut.

Menurut Tjetjep, masyarakat Cianjur antusias menyambut kedatangan Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil. Bahkan gagasan Emil yang dilontarkan langsung di depan para kiai serta masyarakat, diterima dengan baik.

"Tadi ada sekitar 300 kiai yang hadir dan mereka antusias saat Kang Emil berbicara serta sepakat untuk mendukung Kang Emil," kata Tjetjep.

(Baca juga: Golkar Masuk, PPP Tinggalkan Emil)

Tjetjep memastikan para kiai ini akan berjuang untuk memenangkan Emil pada pesta demokrasi di tanah pasundan tersebut. Terlebih kiai-kiai itu memiliki pondok pesantren dan santri yang siap memperjuangkan Emil.

"Para kiai ini semua punya pondok pesantren, semua punya santri. Jadi bukan kiai biasa-biasa saja," ujar Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Cianjur ini.

?(Baca juga: Cek Ombak Golkar di Pilkada Jabar)

Kang Emil mengaku bahagia mendapat dukungan dari para kiai di Cianjur. Terlebih hal itu merupakan amanat dari sang ibu, Tjutju Sukaesih, untuk mendekati para kiai di Jabar sebagai upaya restu merebut kursi Jabar satu.

"Ya alhamdulillah, saya sangat senang sekali dengan deklarasi ini. Karena ibu saya mengatakan, dahulukan para kiai. Jadi saya pegang amanat dari ibu saya," singkat Emil di tempat yang sama.




(HUS)