Deddy Mizwar tak Keberatan Rencana Nobar Film G30S/PKI

Jaenal Mutakin    •    Kamis, 21 Sep 2017 11:19 WIB
peringatan g 30 s pkiisu g30s
Deddy Mizwar tak Keberatan Rencana Nobar Film G30S/PKI
Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar -- ANT/Agus Bebeng

Metrotvnews.com, Bandung: Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar mengaku, tak keberatan dengan rencana TNI menggelar nonton bareng (nobar) film G30S/PKI. Namun, ia berpesan agar ada bataan umur bagi penonton.

"Penontonnya harus orang dewasa, karena dalam film ini ada adegan sadisnya," kata Deddy di Bandung, Jawa Barat, Kamis 21 September 2017.

Deddy juga setuju jika film G30S/PKI diputar di televisi. Tapi, waktu pemutarannya harus larut malam, saat anak kecil sudah tidur.

(Baca: Asal Kata 'PKI' dalam G30S)

Terkait sejumlah pihak yang mengecam nilai sejarah di dalam film tersebut, Deddy tak mau ambil pusing. Ia yakin, film tersebut dibuat berdasarkan fakta dan data-data hasil penelitian.

"Saya rasa, seorang Arifin C. Noer memiliki integritas tinggi dalam membuat film. Tidak mungkin sembarangan," pungkasnya.

Sebelumnya, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo menginstruksikan jajarannya menonton film bertajuk perjuangan di era Orde Lama itu. Alasanya, agar internal TNI lebih memahami sejarah.

Gatot mengatakan, pemutaran film G30S/PKI sudah mendapat restu dari Presiden Joko Widodo. Malah, Presiden meminta pengemasan film berubah. Sehingga, film bernuansa sejarah itu bisa lebih sering ditonton khalayak ramai, termasuk kalangan muda.

(Baca: Remake Film G30S/PKI, Kemendikbud akan Kumpulkan Sejarawan)


(NIN)